Breaking

Post Top Ad

9/03/2021

UPT Puskesmas Balongpanggang Door To Door Bersama Pemdes Babatan Berikan Vaksinasi 10 ODGJ

Gresik, pojokpudak.com


Sebagai upaya penanggulangan covid-19, Pemerintah Kabupaten Gresik terus menggencarkan vaksinasi bagi masyarakat, tak terkecuali bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 


Saat ini, Vaksinasi ODGJ Pemerintah Desa Babatan bekerjasama dengan UPT Puskesmas Balongpanggang melaksanakan terhadap 10 UDGJ, Jumat (3/9/2021) pagi 


Sementara itu Koordinator Imunisasi UPT Puskesmas Balongpanggang Nur Masila  menuturkan," Ada sekitar 83 ODGJ yang ada di wilayahnya, sekarang yang sudah tervaksinasi 85%. Ada satu Desa yang belum yaitu Desa Klotok," katanya.


Masih Nur Masila," Dimana tujuan vaksinasi covid -19 pada ODGJ, selain untuk memberikan kekebalan kepada penderita ODGJ, juga bisa menekan resiko penyebaran covid 19. Mengingat tingkat mobilisasi pasien ODGJ yang sangat tinggi.


Selain itu dengan semakin banyaknya lapisan masyarakat yang sudah  tervaksin, maka kekebalan komunitas (Herd Immunity) segera terbentuk, sehingga kita segera terbebas situasi dari situasi pandemi covid-19.


Dengan di berikan vaksinasi Covid-19 jenis Sinopharm setidak-tidaknya dapat membantu dan mengurangi resiko penyebaran yang disebabkan oleh ODGJ, Selain untuk melindungi dirinya sendiri vaksinasi tersebut juga mengurangi resiko penyebaran. Jelasnya.


Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut dengan cara menjemput bola. Yakni, dengan mendatangi langsung ke setiap rumah (Door to door).


Sebelum dilakukan vaksinasi terlebih dahulu ODGJ tersebut diperiksa kesehatannya, setelah dianggap sehat mereka baru diberikan Vaksinasi. Tambahnya.


Sementara Kepala Desa (Kades) Babatan Sagita melalui Sekdes Babatan Harjo Iwan dan Kepala Dusun Kedung Jati Ardianto menuturkan," Dalam proses vaksinasi kepada ODGJ di desanya, dirinya bersama tim UPT Puskesmas Balongpanggang dan perangkat desa turut mendampingi. Tentu ini bertujuan agar dalam evakuasi dan proses penyuntikan vaksin dapat berjalan aman dan lancar.


Menurutnya, vaksinasi ini menjadikan tubuh kebal atau terlindungi dari suatu penyakit. Jadi tidak hanya orang sehat saja, vaksin Covid juga diberikan kepada mereka yang mengalami gangguan kejiwaan.


"Ini berguna mengurangi resiko jika mereka terpapar virus Covid-19, mengingat virus ini tidak memandang status sosial, tidak memandang tua muda, bahkan juga tidak memandang ODGJ. Semoga mereka segera diberikan kesembuhan dan bisa hidup normal kembali," 



Adapun pelaksanaan vaksinasi tersebut di hadiri oleh Kasi Kesra Sujono, Kasi Pelayanan Karil, Kasun Babatan Toni Istiawan dan Kasun Mojopuro Weweng Bintarto, Mas. Titis dan tim Kesehatan UPT Puskesmas Balongpanggang. Tambahnya.  (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads