Breaking

Post Top Ad

11/29/2021

Kepala UPT Puskesmas Dapet dr. Masrizal Khilda Taba : Musim Pancaroba, Masyarakat Diharap Tanggap DBD

Gresik, pojokpudak.com

   Foto : Kepala UPT Puskesmas Dapet 

      dr. Masrizal Khilda Taba. (Dyo)

      

Memasuki musim penghujan,  dengan musim kemarau seperti sekarang ini kelembaban suhu udara  yang tinggi  menyebabkan nyamuk mudah untuk bersarang. Maka pada musim pancaroba sering menunjukkan peningkatan kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) yang sering meningkat.


Menyikapi hal itu Kepala UPT Puskesmas Dapet dr. Masrizal Khilda Taba yang akrab disapa Rizal berharap agar masyarakat waspada terhadap serangan nyamuk aedes aegypti. Nyamuk penyebab DBD.


Untuk itu saya meminta kepada masyarakat agar antisipasi sejak awal, kami meminta agar masyarakat lebih waspada sejak dini. katanya Senin (29/11/2021) sore melalui WhatsApp nya.


Dikatakan, pencegahan mulai dari gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), yang tentunya kita harus 3M :

1. Menguras atau Membersihkan tempat penampungan air  (Bak Mandi, Ember Air)

2. Menutup rapat tempat - tempat penampungan air

3. Memanfaatkan mendaur ulang barang bekas.


Bahkan pihaknya menyarankan masyarakat memberikan dan menabur obat abate di dalam bak mandi untuk membunuh jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk dan mengatur ventilasi rumah serta memelihara ikan pemakan jentik.


“Sekarang sudah hujan, genangan air di tempat-tempat tersembunyi rutin dicek. Jangan sampai ada genangan. Selain itu perlu menjaga lingkungan agar tetap bersih,” Tegasnya kembali.


Perlu diketahui," Apa bila jika ada masyarakat atau anggota keluarga yang demam, sebaiknya segera periksa ke Puskesmas untuk mendapat pengobatan atau perawatan,"


Ingat, jangan biarkan demam terlalu lama karena dapat mengakibatkan terlambat untuk ditolong. Supaya lebih pastinya, bisa melakukan cek darah. Kata Rizal yang murah senyum dan sangat akrab dengan masyarakat. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads