Breaking

Post Top Ad

11/06/2021

Melihat Lebih Dekat Kemeriahan Bersih Desa Warga Dusun Ngablak Arak-arakan Tumpeng

Gresik, pojokpudak.com



Di setiap daerah tentu saja memiliki ciri khas masing-masing ketika menggelar bersih desa. Seperti bersih desa di Dusun Ngablak Desa Kedungrukem Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.


Dalam perayaan bersih desa, warga Dusun Ngablak Desa Kedungrukem punya tradisi unik. Yakni ciri khas arak-arakan Tumpeng dan hasil bumi serta hasil pertanian. Tidak ketinggalan opak jepet yang menjadi salah satu olahan jajanan warga sekitar.


Bersih desa di Dusun Ngablak Desa Kedungrukem digelar secara sederhana. Maklum saja karena masih pandemi covid-19, Sabtu (6/11/2021).


Bersih desa digelar dengan arak-arakan yang diikuti oleh beberapa warga, memulai kegiatan ini berjalan dari RT nya masing-masing dengan membawa arak-arakan tumpeng menuju Pendopo Balai Dusun Ngablak.


Selanjutnya, acara dibuka dengan doa bersama, lalu gunungan tumpeng tersebut dibagikan secara merata.


Disela-sela kegiatan Kepala Desa Kedungrukem Bayu Prahaja Hadinata mengatakan, arak-arakan tumpeng tersebut merupakan wujud syukur kepada Tuhan atas hasil bumi yang subur dan rejeki yang melimpah pada tahun ini. Dan ini merupakan budaya leluhur yang tetap harus dijaga / dilestarikan.


Harapannya selain nguri-nguri budaya, tumpeng dari masing-masing RT akan membawa keberkahan dan tolak balak bagi warga sekitarnya.


" Dengan selalu memperingati giat budaya seperti ini, dapat menciptakan kerukunan, gotong royong untuk ciptakan Dusun - Desa yang ayem tentrem,” jelasnya.


Tradisi bersih desa dan kirab ini lanjut dia, sudah menjadi tradisi turun temurun warga yang kental dengan budayanya. 


Kegiatan yang sudah menjadi acara tahunan ini selalu ditunggu tunggu oleh masyarakat. Namun tahun kemarin Off karena puncak-puncaknya covid-19. Sekarang tahun ini Alhamdulillah digelar meskipun secara sederhana.


Selain Arak-arakan tumpeng, rangkaian acara bersih desa di Dusun Ngablak Desa Kedungrukem ini juga di gelar Istighosah (Doa Bersama) dan Wayang Kulit dengan Dalang Ki Harnowo (Plumpung - Sidoarjo) lakon Wahyu Sandang Pangan.


Dalam acara tersebut dihadiri Kepala Desa Kedungrukem Bayu Prahaja Hadinata, Kepala Dusun Ngablak Heri Cahyono, dan seluruh perangkat desa setempat. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads