Breaking

Post Top Ad

3/05/2022

Pukul Rebana, Wagub Jatim dan Bupati Gresik Buka Festival Ekonomi Kreatif 2022

Gresik, pojokpudak.com

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Gresik ke 48 dan Hari Jadi Kota Gresik ke 535 Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Disparekrafbudpora menggelar Festival Ekonomi Kreatif Gresik 2022 di Atrium Gresmall pada, Sabtu (05/03/2022).


Acara tersebut dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan, General Manager Gressmall Erich Pramono, General Manager Hotel Aston Inn Ipam, Direktur Utama PT. Dharma Lautan Utama Erwin, Kepala Kemenag Gresik Sahid, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Gresik.


Dalam sambutannya Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyampaikan Kabupaten Gresik mempunyai sejarah yang sangat panjang baik dari sisi budaya, sejarah maupun karya nya dimana ada beberapa produk Tenun di Wedani mempunyai Historis di museum tekstil itu merupakan warisan yang harus di manfaatkan.


Menurut Emil Gresik, Surabaya,Pasuruan,Sidoarjo,Mojokerto merupakan pendorong perekonomian Jawa Timur dimana telah menyumbang 1 persen lebih tinggi dibanding sebelum pandemi Covid-19, 60 persen tonggak penyokong ekonomi Jatim. Pasalnya, di Indonesia sendiri termasuk Jatim di dalamnya, sektor ekonomi kreatif menyumbang 20 juta lapangan kerja utamanya di masa pandemi.


Selain itu, Kabupaten Gresik mampu bangkit dari kondisi ini dengan membangun dan mendorong Iklim Investasi adaptasi bentuk dari masyarakat yang sangat sigap saat menghadapi Pandemi,"ujarnya.


Lebih lanjut Emil menjelaskan, Kabupaten Gresik sangat serius untuk menggarap ekonomi kreatif, Dari situ ada nilai tambah terbesar dalam menyediakan lapangan kerja, Baik dari sisi pariwisata dari sisi kehidupan sehari hari yang membutuhkan ekonomi kreatif termasuk dari makanan siap saji dan lainnya.


Membangun UMKM ekonomi kreatif itu gampang-gampang susah yang diperlukan adalah landasan marketing yang potensial untuk memberikan ruang-ruang kepada UMKM, Untuk itu Kabupaten Gresik sudah menunjukkan keberhasilan dengan kinerja yang baik harus terus kreatif dan Inovatif dalam mendorong ekonomi kreatif,"pungkasnya.


Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya menyampaikan. Pandemi Covid-19 selama 3 tahun berdampak ke semua sektor termasuk ekonomi. Program Vaksinasi Pemerintah merupakan sebuah ikhtiar yang harus benar-benar kita dukung, Dengan Vaksinasi mudah-mudahan berpengaruh dalam percepatan pertumbuhan ekonomi.


"Acara Festival Ekonomi kreatif ini Diikuti oleh 16 peserta dari 16 Desa di Kabupaten Gresik diharapkan dapat mengekspos jenis produk maupun makanan khas yang dihasilkan dari semua Desa yang ada di Kabupaten Gresik."


Bupati Gus Yani melanjutkan, Beberapa produk terus kita perjuangkan untuk kita ekspor termasuk tenun di Desa Wedani Cerme, Untuk itu produk UMKM akan terus kita dorong dengan Kreatif dan lebih banyak Inovasi dengan demikian ekonomi kreatif akan dapat menyediakan lapangan kerja,"tegas Bupati Gus Yani.


Tidak hanya itu, UMKM Menjadi tulang punggung perekonomian kita mudah-mudahan Pemerintah Kabupaten bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk terus bisa bersinergi agar dapat terus mendorong meningkatkan perekonomian di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Gresik,"tandasnya.


Acara di buka ditandai dengan pemukulan rebana secara bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Wabup Gresik Aminatun Habibah, dan Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan.


Usai membuka acara Wagub Jatim Emil Dardak didampingi Bupati Gresik, Wakil Bupati Gresik, Wakil Ketua DPRD dan sejumlah pejabat melihat Stan yang menjual produk hasil UMKM ekonomi kreatif Kabupaten Gresik. (Dvd/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads