Breaking

Post Top Ad

3/31/2022

Sambut Ramadhan, Siswa KB TK YIMI Gresik Hias Kentongan

Gresik, pojokpudak.com


Menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H. Puluhan siswa Kelompok Bermain (KB) Taman Kanak-kanak (TK) Yayasan Malik Ibrahim (YIMI) gelar tradisi Megengan di halaman sekolah yang berada di Jalan Keramat Langon, Pulopancikan, Gresik. Kamis (31/3/2022). 


Ada yang menarik dari kegiatan tradisi menyambut bulan ramadhan ini. Para siswa menghias kentongan alat sahur.  Diharapkan, nanti siswa bisa aktif beribadah di Bulan Ramadhan. Salah satunya membangunkan orang sahur. 


Tampak para siswa melalukan prokes Covid-19, berdoa dan makan bersama melakukan tradisi Megengan itu. Lalu, siswa didampingi para guru menghiasi alat kentungan. Dengan menempelkan hiasan warna warni dari kertas warna di kentongan. 


Kepala Sekolah KB TK  YIMI Kristantin menyampaikan, peringatan Megengan ini secara rutin dilakukan jelang Ramadhan. Mengajak siswa memahami tentang tradisi Megengan, yang artinya menahan sebagaimana makna puasa ramadhan juga menahan. Menahan lapar mulai terbitnya fajar hingga matahari terbenam. 


“Tradisi ini sebagai tanda akan datang Bulan Ramadhan,” ucapnya, Kamis (31/3/2022). 


Menurutnya, tradisi megengan ini, siswa juga dilakukan menghiasi kentongan, untuk bekal sahur nanti di bulan Ramadhan. Semuanya tampak antusias dan senang memukul kentongan yang sudah dihiasi. 


“Kentongan ini untuk memotivasi anak-anak untuk lebih aktif ibadah di Bulan Ramadhan. Membangunkan ibadah sahur juga termasuk ibadah,” jelasnya. (Nif/Dyo(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads