Breaking

Post Top Ad

5/10/2022

Begini Pesan Bu Min Saat Hadiri Halal Bihalal dan Sedekah Bumi Di Desa Pacuh

Gresik, pojokpudak.com


Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah yang akrab di sapa Bu Min menghadiri acara Halal Bihalal dan Sedekah Bumi di kediaman Kepala Dusun Pacuh Desa Pacuh Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, Selasa (10/5/2022) malam. 


Kedatangan Bu Min tersebut disambut langsung, oleh Camat Balongpanggang M. Amri beserta Istri dan Kepala Desa (Kades) Pacuh Imron beserta istri, Kapolsek Balongpanggang AKP Zainudin, Danramil 0817/09 Balongpanggang Kapten Erik dengan diiringi gending gending jawa.


Hadir pula dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Gresik Safi'am, beserta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.  


Kades Pacuh Imron saat ditemui disela sela kegiatan menuturkan," Kegiatan ini adalah bentuk rasa syukur kita pada Allah SWT, dan Alhamdulillah hasil bumi sekarang melimpah.  Kedepan semoga  masyarakat Desa Pacuh dijauhkan dari bencana, agar nantinya baik itu pedagang dan petani bisa sejaterah.


Lebih jauh Imron menuturkan," Perayaan sedekah bumi yang merupakan adat tradisi dan kearifan lokal yang senantiasa dijaga dan dilestarikan keberadaannya yang telah berjalan secara turun temurun. Katanya.


Tidak hanya itu orang nomer satu di Pacuh tersebut juga berharap dimasa pandemi ini agar nantinya masyarakat tetap menerapkan Prokes. Tambahnya. 


Di tempat yang sama Camat Balongpanggang M. Amri mengatakan," Pelaksanaan tradisi ini selain melestarikan budaya lokal, juga dimanfaatkan untuk mempererat tali silaturahmi masyarakat setempat. ucapnya.


Ia berharap tradisi ini terus di lestarikan oleh generasi muda. Sebab acara sedekah bumi yang selama ini dilaksanakan masyarakat, untuk mengingatkan akan cikal bakal di Desa Pacuh.


“Tradisi ini harus dijaga dan dilestarikan dengan lebih baik, tanpa mengurangi khidmat dan tujuannya,” tandas pria nomer satu di Kecamatan Balongpanggang.


Ia mengingatkan, bahwa ini ada sejarah yang perlu diingat dan dijaga. Sehingga, “ini bentuk rasa syukur warga melalui sedekah bumi,” Terangnya.


Selanjutnya, ditempat yang sama Bu Min menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Desa Pacuh yang tetap konsisten untuk melestarikan dan mengembangkan tradisi leluhur, melalui apresiasi gelar budaya sedekah bumi dan Halal Bihalal serta santunan anak yatim.


Melalui semangat yang kuat dari masyarakatnya, menurut Wabup, acara Sedekah Bumi dapat dijadikan sebagai budaya masyarakat yang harus dilestarikan karena bentuk rasa sukur kepada Allah SWT.


Tidak hanya itu, terkait dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) tersebut ia berharap agar nantinya masyarakat tidak panik dan cemas karena itu hanya untuk hewan saja. Cuma memang penularannya cepat sehingga sama dengan Covid - 19 kemarin, kalau ada hewan yang sakit itu di isolasi, agar nantinya tidak menyebar ke hewan yang lainnya, untuk itu pasar hewan ditutup sementara. Katanya.


" Perlu diketahui seperti di daerah utara tidak kena penyakit seperti itu, namun yang kena di wilayah selatan. Tambahnya.  


Selain Halal Bihalal dan Sedekah Bumi, acara tersebut juga di isi dengan santunan anak yatim, gunungan raksasa dari hasil bumi dan pagelaran wayang kulit dengan Ki Dalang Puguh. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads