Breaking

Post Top Ad

5/12/2022

Bupati Gresik Gus Yani Yakinkan Masyarakat Bahwa PMK Tidak Berbahaya Pada Manusia

Gresik, pojokpudak.com


Bupati Gresik Gus Yani yakinkan kepada masyarakat bahwa wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) tidak berbahaya kepada manusia.

Hal tersebut disampaikan saat menghadiri acara Halal Bihalal dan Silaturrahim Bersama Bupati Gresik, sekaligus Peresmian Pendopo Kecamatan Dukun, Pelantikan Pengurus Karang Taruna Kecamatan Dukun dan Talk Show Kepemudaan di Pendopo Kecamatan Dukun. Kamis (12/5/2022) siang.


Selain itu Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani yang lebih akrab disapa Gus Yani juga menjelaskan lebih dalam terkait Penyakit Mulut dan Kuku Hewan (PMK) bahwa penyakit ini memang penularannya cukup cepat, namun hal ini bisa di minimalisir penyebarannya dengan cara penangan cepat dan kompak semua pihak yang terkait."ungkapnya.


Bupati Gus Yani juga dengan tegas meyakinkan masyarakat bahwa penyakit PMK ini tidak menular dan tidak berbahaya bagi manusia, artinya daging hewan yang terpapar virus (PMK) masih aman untuk di konsumsi dengan dilayukan atau digantung terlebih dahulu untuk menurunkan kadar air atau PH nya, jadi masyarakat  jangan panik dengan hal ini, harapnya sembari berharap agar masyarakat tetap pro aktif dalam memberikan informasi apabila menemukan kasus tersebut sehingga segera bisa ditangani secara maksimal."terangnya.


Bupati Gus Yani juga berpesan kepada pengurus Karang Taruna Kecamatan Dukun yang baru dilantik agar setelah dilantik segera action artinya langsung bergerak mencari inovasi dan program yang berlian sehingga karang taruna mampu berkontribusi dalam membangun daerah.


"Jangan lagi ada keraguan terhadap kiprah organisasi kepemudaan ini. Terbukti, saat ini banyak lini yang justru dijabat oleh generasi muda, mulai dari Kepala Desa, Bupati/Walikota, Gubernur, hingga anggota legislatif." tutur Bupati Gus Yani.


Gus Yani juga mengingatkan agar Karang Taruna tidak mati suri lagi, berbenah diri sebab masa depan bangsa di tentukan oleh pemuda saat ini, jadi perlu perbaiki pendidikan dalam bentuk pelatihan atau lainnya, serta segera bangun akses program yang bisa meningkatkan kualitas SDM dan fokus serta ambil peluang yang bisa di kerjakan termasuk UMKM." Pungkasnya.


Sementara itu, Camat Dukun Kiki Nuryadi menyampaikan apresiasi kepada Karang Taruna yang mulai menggeliat ditandai dengan pelantikan ini, semoga kedepan bisa dapat memberikan manfaat di 26 enam Desa yang ada di Kecamatan Dukun.


Selain itu Kiki Nuryadi juga menyampaikan bahwa terkait dengan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan, Ia memastikan di Kecamatan Dukun masih terbilang aman, dan untuk sementara dua pasar hewan Desa Lowayu dan Mentaras Kecamatan Dukun untuk sementara ditutup, Ia juga secara inten mengkomunikasikan atau berkoordinasi kepada instansi terkait untuk dilakukan tindakan penangan dan pencegahan."katanya.


"Mungkin setelah acara ini atau besok kita akan bergerak cepat melakukan penyemprotan pada hewan ternak sesuai permintaan peternak yang ada di Kecamatan Dukun."tandasnya.


Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gresik, dr. Umi Khoiroh, Forpimka Dukun, Ketua PC NU Gresik KH. Mulyadi, Rois Syuriah PCNU KH. Mahfudz Ma'shum, Kepala Desa, Ketua BPD se Kecamatan Dukun serta pengurus Kartar yang dilantik dan undangan lainnya. (Dvd/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads