Breaking

Post Top Ad

5/29/2022

Wujud Syukur Dusun Lingsir Desa Slempit Gelar Sedekah Bumi

Gresik, pojokpudak.com


Tradisi sedekah bumi merupakan upacara adat masyarakat jawa untuk menunjukkan rasa syukur manusia kepada tuhan atas rezeki yang telah diberikan melalui bumi berupa berbagai macam hasil bumi.


Tradisi sedekah bumi ini masih terus eksis di tengah-tengah masyarakat, yang kini masih pertahankan, Juga dilestarikan, Oleh masyarakat, Dusun Lingsir Desa Slempit Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, Sabtu (28/05/2022).


Dalam.acara sedekah bumi di hadiri, Oleh Kepala Desa Slempit Suyitno, Sekdes Kuspriyadi, Ketua Panitia sedekah bumi Wiyono berserta seluruh Anggota panitia sedekah bumi, dan tokoh masyarakat juga tokoh agama.


Kegiatan sedekah bumi diawali, Dengan Istighozah dilanjutkan dengan hiburan, Ludruk Karya Baru dari Kabupaten Mojokerto. Dalam kesempatan tersebut Warga masyarakat pun sangat antusias dan sangat terhibur dengan adanya Ludruk karena memang hiburan ini biasanya hanya satu kali dalam setahun.


Dalam sambutan, Ketua panitia sedekah bumi, Wiyono, Mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan dan sumbangsih dari semua warga Dusun Lingsir, Desa Slempit ini.


Dengan adanya  sedekah bumi ini, adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif, karena selain bisa bersilaturrahmi antar warga, juga menciptakan kerukunan di masyarakat.


Ketua panitia sedekah bumi, Juga mengucapkan mohon maaf kepada seluruh masyarakat, apabila dalam  kegiatan sedekah bumi tahun ini, ada kekurangan sekali lagi saya pribadi mohon maaf yang sebesar besarnya. Ungkapnya.



Ditempat yang sama," Kepala Desa Slempit Suyitno, Dalam sambutannya menyampikan, Dengan adanya kegiatan tasyakuran, Sedekah Bumi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Dusun Lingsir Desa Slempit kepada Allah, SWT atas limpahan berkah, keselamatan dan nikmat berupa panen hasil bumi yang telah didapatkan oleh masyarakat.



Menurut Kepala Desa Slempit Suyitno  selain sebagai ucapan rasa syukur, tradisi sedekah bumi juga digelar sebagai bentuk rasa kebersamaan kepada sesama dengan memberikan sedekah berupa makanan. 


“Selain sebagai rasa syukur kepada sang pencipta, sedekah bumi ini juga sebagai wujud pelestarian budaya yang sudah dilakukan turun-temurun, kata mbah-mbah dulu Sedekah Bumi dapat menolak balak atau menjauhkan dari musibah karena sedekah bumi sama dengan memberi sodaqoh,” Tuturnya.


Kepala Desa Slempit Suyitno," Juga  Mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh lapisan masyarakat, Dusun Lingsir Desa Slempit karena acara tersebut dapat dilaksanakan dengan baik aman lancar.


Harapannya, Dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini, masyarakat terus diberikan rezeki dari maha kuasa, dijauhkan dari marabahaya  dan juga diberikan perlindungan. semoga kedepan pembangunan desa terus bisa kami lakukan agar masyarakat desa Slempit bisa sejahtera. (Ura/Dyo).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads