Breaking

Post Top Ad

6/26/2022

Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Saidah : Bersih Desa Di Betiring, Berharap Dinas Pariwisata Untuk Menjadi Destinasi Wisata

Gresik, pojokpudak.com


Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Saidah apresiasi selamatan Sedekah Bumi (Bersih Desa) di Dusun Betiring Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik, Minggu (26/6/2022).


Dimana disini kami melihat seluruh masyarakat sangat antusias mulai dari anak anak, ibu ibu, pemuda remaja dan orang tua bahkan dari luar pun ada yang hadir dan ikut meramaikan sedekah bumi.


Bagi Nur Saidah, selamatan sedekah bumi itu merupakan peristiwa adat istiadat, yang sudah diwariskan oleh nenek moyang dan diwariskan antar generasi.  Dan bersyukur bahwa budaya lokal itu masih terawat baik. Kata Nur Saidah,


Terus terang saya salut kepada generasi muda Dusun Betiring, meskipun mereka masih muda, namun mereka masih melestarikan sedekah bumi,"


Dimana budaya tersebut di kemas dalam bentuk sedekah bumi, jadi kita minta budaya budaya tradisional itu tetap dipertahankan atau dilestarikan. Jadi menurut saya di Kabupaten Gresik saya rasa disini ini kegiatan sedekah bumi yang paling terbesar adalah di Dusun Betiring Desa Banjarsari. 


" Mudah mudahan di tahun depan bisa dilaksanakan seperti ini lagi, agar kedepan bisa menjadi destinasi wisata, konten wisata budaya asli Gresik. Untuk itu kedepan kami akan koordinasi dengan dinas pariwisata terkait dengan kegiatan seperti ini, nanti bisa di jadikan sebagai destinasi wisata, program kegiatan di dalam APBD untuk mensupport anggarannya," Tambahnya.


Sementara Kades Banjarsari Agus Suwondo menuturkan," Kita syukuri, bahwa kegiatan Sedekah Bumi tahun ini bisa digelar, meskipun dua tahun tidak kami gelar,"


Baginya, Ini merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas seluruh berkah yang melimpah. Atas rejeki, atas kesehatan, hasil bumi, atas kerukunan antar warga, dan atas keselamatan yang kita nikmati,” 


Kita lestarikan warisan leluhur ini sehingga tidak tergerus arus jaman. Tugas kita adalah mewariskan adat istiadat dan budaya kepada generasi muda," katanya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads