Breaking

Post Top Ad

7/25/2022

Dapatkan Hasil Panen Yang Maksimal, Babinsa Benjeng, Berikan Inovasi Dan Motivasi Kepada Petani Binaan

Gresik, pojokpudak.com


Berupaya turut berperan mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan di daerah, Serka Maudiono Babinsa Koramil 0817/10 Benjeng, rutin menyambangi petani dan pemilik penggilingan padi binaan yang ada di desa Karangan kidul Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Senin (25/7/2022).


Babinsa merupakan garda terdepan dan berhadapan langsung dengan masyarakat yang berada dalam ruang lingkup teritorialnya, Peran aktif Babinsa menjadi tonggak laju perkembangan dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam program ketahanan pangan.


Disaat sambang wilayah Serka Maudiono mengatakan, “Keuntungan terbesar para petani terjadi saat pasca panen dan bukan pada saat panen, sebab pada pasca panen itu petani bisa menjual hasil panennya. Selama ini, petani mengurus sawah dengan mengairi, memupuk sampai waktu panen tiba, setelah itu menjualnya dalam bentuk gabah. 


Padahal keuntungan besarnya pada saat padi sudah menjadi beras yang siap dijual dipasaran, apalagi pemasarannya bisa dilakukan lewat media online sehingga orientasi penjualan tidak di wilayah saja, melainkan bisa di luar wilayah. Terlebih dengan beras organik saat ini permintaan konsumen lokal maupun ekspor sangat banyak diminati.”katanya.

“Harga gabah kering giling jika dijual Rp. 5.100/kg, tetapi apabila penjualannya dalam bentuk beras dengan menambah jasa penggilingan padi Rp.1.000 - Rp. 1.200/Kg kemudian petani dapat menjual seharga Rp.10.000 - Rp.12.000/Kgnya, sehingga keuntungan bisa menjadi lebih besar.”tambahnya.


Dalam mewujudkan ketahanan pangan di daerah, kami sebagai Babinsa akan terus mendampingi sebagai penggerak untuk memberikan motivasi dan inovasi dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah binaan. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads