Breaking

Post Top Ad

7/31/2022

Didampingi Kades dan Muspika Cerme, Bupati Gus Yani Serahkan 20 Kompor Gas Gratis Dari Kementrian ESDM Kepada Warga Dusun Cagak Agung

Gresik, pojokpudak.com


Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani  menyerahkan secara simbolis 20 kompor gas gratis  kepada warga Dusun Cagak Agung saat kegiatan tasyakuran sedekah bumi Dusun Cagak Agung, Desa Cagak Agung, Kecamatan Cerme  Kabupaten Gresik, pada Minggu (31/7/2022). 


Kegiatan tersebut turut dihadiri Direksi BUMD Gresik Migas, Kontraktor PT. Panca Indah Jayamahe, Muspika Cerme, Kepala Desa wilayah Kecamatan Cerme  serta warga sekitar.


Seperti diketahui,  bantuan itu merupakan program jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga dari Kementrian ESDM tahun 2022 di Kabupaten Gresik, yang diawali di Dusun Cagak Agung Desa Cagak Agung, Kecamatan Cerme. 


Pelaksanaan pembangunan pemasangan  jaringan pipa gas yang dikerjakan oleh kontraktor PT. Panca Indah Jayamahe (PIJ)  merupakan proyek strategis nasional yang berasal dari Kementrian ESDM Ditjen Migas dengan anggaran ABPN. 


Dimana progres pengerjaan  total panjang jaringan pipa gas sepanjang 80.000 meter yang terpasang pada 6 desa di Kecamatan Cerme meliputi Cagak Agung,  Ngabetan, Cerme Kidul, Iker-iker Geger dan Cerme Lor. 


Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyatakan  bahwasannya hari ini ada pembagian kompor gas gratis, yang  merupakan tindak lanjut  program dari Kementrian ESDM berupa Jaringan Gas (Jargas) yang dikerjakan PT. PIJ, yang hampir 90 persen selesai dan dilaksanakan secara gratis. 


" Alhamdulillah, program Kementrian ESDM yang dipasang dengan anggaran dari APBN secara gratis dan ditaruh di 6 desa di Kecamatan Cerme. Mudah-mudahan program ini sebagai bentuk pelayanan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya Desa Cagak Agung, semoga bermanfaat. Jika sambungan  jargas sudah terpasang semua, maka  bulan Agustus ini, insyaallah sudah menyala, katanya.


Lebih lanjut Gus Yani berpesan kepada Camat Cerme untuk berkeliling bersama 6 Kepala Desa yang mendapat bantuan tersebut, bila ada jaringan yang belum terpasang atau sudah terpasang 100 persen agar melaporkan hasil kegiatan kepada Bupati Gresik.


Sementara itu, Dirut PT. Gresik Migas Habibullah  menyatakan bahwa tahun ini, pihaknya  yang bergerak di bidang Migas selain memberikan manfaat deviden untuk setoran kepada pemkab Gresik, Juga  memberikan manfaat kepada masyarakat. 


" Manfaat tersebut,  pertama berupa pemasangan jaringan gas gratis tanpa biaya apapun dan kedua jaminan pembagian kompor gas gratis. Dengan kuota tahap awal ada 4000 Sambungan Rumah (SR) jaringan gas yang terbagi di 6 desa di sekitar Cerme ini. Dan insya Allah, tahun ini ada tambahan kuota 1000 SR lagi," tegasnya.


Habibullah menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan  program sinergi antara pemerintah Kabupaten Gresik dengan Ditjen Migas Kementrian ESDM di Jakarta. 


Mengakhiri  sambutannya, Dirut PT. Gresik Migas berharap agar demi terlaksana  dan lancarnya program ini maka mohon dukungan dari Muspika Kepala Desa dan warga masyarakat. 


Sementara itu Kepala Desa Cagak Agung Supa'at menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati  beserta rombongan pada tasyakuran sedekah bumi di Dusun Cagak Agung sekaligus  penyerahan kompor gas gratis kepada warga khususnya warga Dusun Cagak Agung. Kades juga berharap dengan sedekah bumi ini, warga tetap menjaga kerukunan dan melestarikan budaya leluhur dan diberikan kesehatan serta rejeki yang melimpah oleh Allah SWT. (Rof/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads