Breaking

Post Top Ad

7/08/2022

Periksa Kesehatan Hewan Camat Ahmad Nasikh Door To Door Ke Kandang

Gresik, pojokpudak.com


Guna untuk memaksimalkan dan memastikan sapi menjelang Hari Raya Idul Adha, petugas di Gresik telah melakukan pengawasan. Seperti yang dilakukan Forkopimcam Panceng, mereka door to door ke kandang untuk memeriksa kesehatan hewan.


Di dalam pelaksanaan tersebut, mereka tidak henti hentinya untuk memeriksa satu-persatu hewan sapi maupun kambing. Kebeberapa yang bergejala penyakit langsung diperiksa dan diberikan vitamin tambahan. 


Disela sela kegiatan Camat Panceng Ahmad Nasikh mengatakan, dia bersama tim kesehatan hewan dari dinas pertanian melakukan pemeriksaan terhadap sapi milik warga yang akan dikurbankan. 


"Kami periksa ke setiap kandang, ini untuk memastikan hewan yang dikurbankan sehat. Juga mensosialisasikan penanggulangan Penyakit Mulut Kaki (PMK) serta vaksin kepada sapi," katanya, Jumat (8/7/2022).


Nasikh menerangkan, total populasi sapi di wilayahnya ada 2.294 ekor. Hingga kini kirang dari 50 yang terpapar dan 2 mati. Untuk itu, dia menyiapkan upaya mitigasi.


Selain door to door ke kandang, menjelang idul adha ini, Nasikh berkolaborasi bersama TNI-Polri untuk melakukan penyekatan dan pengawasan lalulintas ternak.


"Apalagi wilayah kita berbatasan langsung dengan Lamongan, sehingga pengawasan diperketat. Intinya kami terus berkoordinasi dan kolaborasi," imbuhnya.


Salah satu warga, Sugeng Darmawan mengaku tak risau lagi berkurban karena sapi miliknya sudah sehat. Sebelumnya, hewan ternak miliknya kurang sehat.


"Sebulan yang lalu sakit, mungkin bergejala penyakit. Kemudian kami rawat. Alhamdulillah ini sudah sembuh, ini kalau dijual 20an juta, bobotnya sekitar 400 Kilogram," terangnya.


Sugeng mengaku berterima kasih kepada petugas yang selalu intens memeriksa dan pengawasan sehingga hewan miliknya bisa sehat kembali. Bahkan sudah diperiksa fokter hewan. 


"Karena sudah nadzar, ini sehat jadi bisa kurban," ujarnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads