Breaking

Post Top Ad

7/07/2022

Tekan Laju Penyakit PMK, Koramil Benjeng Bergerak Aktif Kunjungi Peternak Binaan

Gresik, pojokpudak.com


Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang disebabkan dari virus Apthovirus telah menjadi perhatian serius Pemerintah Pusat, Daerah hingga Kecamatan. Karena itu, diperlukan adanya sinergitas antara instansi terkait dan peternak dalam pencegahannya. Kamis (7/7/2022).


Layaknya hari ini yang dilakukan oleh Pelda Purwanto Babinsa Kedungrukem serta Kepala desa Kedungrukem, Bpk. Bayu Prahaja hadinata S.Sos saat meninjau peternakan DJS Farm milik Bpk. Dio yang berlokasi di Ds. Kedung rukem Kec. Benjeng Kabupaten Gresik, yang memiliki 28 ekor sapi dengan jenis Sapi Semental, Limosin dan Brahma.


Tidak hanya melakukan peninjauan, Pelda Purwanto juga menerima penjelasan dari pemilik peternakan dalam hal perawatan hewan ternaknya, yang setiap hari dilakukan penyemprotan cairan disinfektan, pemberian makanan yang sehat serta vitamin kepada hewan ternak, dan menjaga kandang selalu bersih setiap harinya, selain itu peternak selalu berkoordinasi dengan dinas peternakan atau mantri hewan agar hewan di peternakan selalu terpantau kesehatanya.


Sembari menerima penjelasan, Pelda Purwanto juga mencoba untuk melakukan penyemprotan hewan dan kandang dengan maksud untuk kedepannya aplikasi yang dilakukan dapat disampaikan kepada peternak yang ada di beberapa desa yang lainnya.


“Sterilisasi hewan dan kandang sangat berpengaruh penting untuk kesehatan hewan, disaat maraknya penyakit PMK di Kabupaten Gresik. pengecekan dan penyemprotan disinfektan ini sebagai upaya preventif memutus mata rantai penyebaran penyakit PMK, Pasalnya, virus ini sangat cepat merambah dan menular.”tuturnya.


Dilokasi yang sama Bpk. Dio mengucapkan “Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak TNI Koramil Benjeng serta Kepala desa Kedungrukem, yang perhatian sampai turun ke lapangan (kandang ternak) untuk memantau dan sampai membantu penyemprotan disinfektan di kandang ternak saya.”tuturnya.


Upaya pencegahan penyakit PMK juga disampaikan oleh Danramil 0817/10 Benjeng Kapten Inf Achmad Salami saat dikonfirmasi melalui telpon seluler, dirinya mengatakan bahwa kemarin seluruh Danramil setelah mengikuti kegiatan Sosialisasi  Tentang Virus PMK dan menghadapi hari raya Idul adha, memerintahkan Seluruh Babinsa agar memantau dan mendata para Peternak hewan sapi/kambing agar melaksanakan kegiatan sesuai prosedur dari pemerintah daerah.


“Agar para Babinsa selalu mengingatkan kepada para peternak diwilayah binaan masing-masing, untuk memastikan hewan ternaknya dalam kondisi sehat, selain itu para peternak wajib memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), karena hewan yang diperjual belikan saat ini wajib memiliki SKKH, termasuk hewan yang dipotong di Rumah Potong Hewan sebelumnya pasti ditanyakan surat tersebut, upaya ini semua dengan harapan untuk menekan laju penyebaran penyakit PMK sampai dengan maksimal.”tuturnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads