Breaking

Post Top Ad

8/03/2022

Kodim 0817 Gresik Rayakan Tahun Baru Islam Dengan Cara Ngaji bersama

Gresik, pojokpudak.com


Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1444H/2022M. Kodim 0817/Gresik memilih utuk merayakannya dengan cara religi, yaitu dengan pengajian bersama yang diikuti oleh seluruh Personil dan PNS jajaran yang dilaksanakan di Masjid Baiturrahman Kodim 0817/Gresik dengan menerapkan protokol kesehatan. Rabu 

(3/8/2022).


Bertemakan “Tahun Baru Islam 1444H/2022M sebagai momentum memaknai hidup dengan semangat hijrah” menjadi sebuah pedoman yang tersampaikan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan menauladani sifat dan pribadi Nabi Muhammad SAW serta mengambil hikmah dengan peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharam yang dijadikan tahun baru bagi Kalender Hijriah.


Dalam kesempatan tersebut, Kasdim 0817/Gresik, Mayor Inf Sugeng Riyadi turut hadir dan menyampaikan yang intinya bahwa “Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini sesuai tema yaitu Tahun Baru Islam sebagai momentum dalam memaknai hidup untuk kita bermuhasabah dan instrospeksi diri agar tercipta pribadi-pribadi yang unggul dalam moral maupun akhlaknya.”tuturnya.


Selanjutnya, pengajian diisi oleh Ustaz Akhyar S.Pd., yang menjelaskan keutamaan bulan Muharam adalah bulan istimewa. dengan meneladani hijrahnya nabi, kita jadikan pedoman untuk semangat melakukan perubahan pada diri agar menjadi lebih baik dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Diawal tahun ini kita harus lebih baik dari tahun sebelumnya.


“Tahun baru hijriyah maupun masehi keduanya sangat penting. ketika ada tahun baru, sebaiknya kita memikirkan bahwa umur kita semakin bertambah tetapi jatah kita hidup justru berkurang, sehingga dengan sisa kehidupan ini harus kita isi dengan sebaik-baiknya sesuai dengan perintah Allah SWT dan mempedomani sabda Rasulullah SAW "Tak akan bergeser kedua kaki manusia pada hari kiamat sampai selesai ditanya tentang empat perkara, yaitu tentang umurnya, dihabiskan untuk apa, tentang masa mudanya, dipergunakan untuk apa, tentang hartanya, darimana diperoleh dan untuk apa dibelanjakan dan tentang ilmunya, apakah sudah diamalkan.”tuturnya.


Ustaz Akhyar, S.Pd., menambahkan, “Merayakan Tahun Baru Islam, sebaiknya dilakukan seperti hari ini, yaitu dengan ngaji bersama, dengan kegiatan seperti ini pastinya bapak-bapak TNI akan menjadi pribadi yang lebih baik dan memiliki iman dan ketakwaan kepada Allah SWT yang semakin besar, semoga dengan ngaji bareng kali ini kita semua selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT dan nanti kita mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW disaat hari kiamat, Aamiin ya Rabbal allamien.”pungkasnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads