Breaking

Post Top Ad

8/28/2022

Lestarikan Tradisi, Warga Dusun Prambon Gelar Sedekah Bumi

Gresik, pojokpudak.com


Sedekah bumi sudah menjadi tradisi turun temurun bagi warga Dusun Prambon, Desa Boboh,  Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. 


Kegiatan sedekah bumi selalu dinantikan karena menjadi ajang silaturahmi dan saling berbagi antar sesama warga. Kegiatan ini merupakan salah satu  wujud rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Kepala Dusun Prambon Edi mengatakan, malam hari sebelum kegiatan sedekah bumi, diadakan istighosah khusus untuk mendoakan para leluhur. Sedangkan kegiatan sedekah bumi di isi dengan istilah "Brahatan" yang artinya warga dusun membawa tumpeng ke tempat kegiatan. Disana warga Berkumpul, melaksanakan istighosah,  pengajian dan berdoa bersama.


" Karena dalam kitab Shohibul Ibad disebutkan kalau suatu kaum mau diberkahi yaitu duduk bareng, doa bareng, Do'anya jadi satu. Momen itu mungkin dari para wali dulu menyatukan agama sama kebudayaan jawa ya semacam ini", Ungkapnya 


Kasun menuturkan, setelah doa bersama. Malam harinya dilanjutkan hiburan kesenian ludruk. " itu dari swadaya masyarakat, permintaan masyarakat sendiri. Terus dan ada donatur juga dari perusahaan", tuturnya. 


Ia berharap kegiatan seperti ini terus diadakan untuk melestarikan kebudayaan, menjalin kerukunan dan kekompakan antar warga dan pemerintah desa. (Ags/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads