Breaking

Post Top Ad

8/28/2022

Perkuat Tali Silaturahmi Warga Dusun Gantang Gelar Sedekah Bumi

Gresik, pojokpudak.com


Dusun Gantang, Desa Boboh, Kecamatan Menganti merupakan salah satu tempat yang selalu melestarikan tradisi adat sedekah bumi setiap tahunnya.


Tradisi sedekah bumi dimaknai sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang telah memberikan hasil bumi melimpah. Sedekah bumi tahun ini dilaksanakan di Masjid Baiturrahman, Sabtu (27/8/2022). 


Nilai yang terkandung dalam sedekah bumi Dusun Gantang ini perlu dilestarikan  turun temurun karena memiliki kekuatan religi, dan juga meningkatkan rasa gotong royong serta mempererat jalinan silaturahmi antar sesama. 


Irawan selaku Kepala Dusun Gantang mengungkapkan sedekah bumi ini melibatkan pemerintah desa, warga sekitar termasuk karangtaruna dan ormas. 


Serangkaian kegiatan pun dikemas sederhana dengan nuansa keagamaan. Seperti Al-Banjari, Selamatan dan doa bersama lantaran sedekah bumi ini sekaligus memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1444 H. 


Sedangkan kepala desa Boboh Abdul Majid berharap dengan adanya sedekah bumi ini, warga Dusun Gantang mendapatkan rejeki yang barokah, diberi kesehatan, memperkuat kerukunan, kekompakan dan silaturahmi antar sesama warga. 


Setelah sedekah bumi, keesokan harinya kegiatan dilanjutkan dengan karnaval atau jalan sehat dalam rangka memperingati HUT RI ke-77. (Ags/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads