Breaking

Post Top Ad

8/06/2022

Warga Citra Graha Srembi, Hidupkan Kembali Tradisi Gresik Melalui Damar Kurung.

Gresik, pojokpudak.com


Menjelang peringatan HUT Ri Ke-77, Masyarakat Gresik yang tinggal di Perumahan Citra Graha Dusun Srembi, Kembangan Kabupaten Gresik ini memiliki cara tersendiri untuk menyambutnya, yang tak lepas dengan tradisi dan budaya Gresik. Sabtu (6/8/2022).

Misalnya saja yang dilakukan oleh warga Dasa Wisma (Dawis 1), semangat gotong royong tercipta pada saat melakukan pengecatan di sepanjang jalan dan pemasangan lampu Damar Kurung yang dipadukan dengan lampu warna warni, semakin menambah keindahan dan bernuansa harmonis.


Salah satu warga bernama Roni  mengatakan bahwa momen memperingati HUT Ri Ke-77 sepatutnya kita juga tidak lepas dari budaya dan tradisi, misalnya seperti yang kami lakukan dengan memasang Lampu Damar Kurung yang merupakan tradisi turun temurun masyarakat Gresik dimulai sejak jaman Sunan Prapen atau Kesultanan Giri III.

"Kami memang sengaja ingin menghias sepanjang jalan perumahan nampak minimalis, oktapi tetap nampak indah dan rapi, yang terpenting tak lepas dari Momen HUT Ri Ke-77 dengan bernuansa khas Gresik, bagaimanapun juga kita harus tetap melestarikan Budaya, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang berbudaya."tuturnya.

"Dengan momen gotong royong seperti ini, kerukunan dan ikatan silaturahmi dapat terjalin dengan baik sesama warga perumahan, dan kalaupun nampak indah dan unik dapat menjadi percontohan untuk Dawis atau perumahan yang lain".Pungkasnya.

Lampu Damar Kurung yang terpasang merupakan karya warga Perumahan Citra Graha dengan memanfaatkan beberapa barang bekas yang ada sehingga dapat dikreasikan menjadi Lampu iconic tradisi Gresik. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads