Breaking

Post Top Ad

9/13/2022

Babinsa Bersama Masyarakat Leran Membersihkan Makam Panjang Yang Merupakan Sejarah Awal Penyebaran Islam di Tanah Gresik.

Gresik, pojokpudak.com


Tempat Wisata religi yang selalu ramai dikunjungi oleh peziarah di Kabupaten Gresik terdapat, Makam Siti Fatimah binti Maimun yang merupakan sebuah makam Islam tertua di Asia Tenggara dan unik yang berada tidak jauh dari lokasi Masjid Malik Ibrahim atau Masjid Pesucinan Leran. Senin (12/9/2022).


Konon ceritanya Siti Fatimah binti Maimun merupakan wali paling senior diantara wali songo yang menyebarkan agama Islam di wilayah Giri sebelum Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik, Di kompleks makam yang sangat luas ini, terdapat cungkup yang terbuat dari batu putih yang sangat tebal dan beberapa makam memiliki ukuran yang sangat panjang yaitu 7 meter, sehingga makam itu sering disebut mayarakat sebagai Makam Panjang.


Tetapi dalam beberapa hari sebelumnya, hujan dan angin puting beliung mengakibatkan banyak tanaman yang rusak dan tumbang. Termasuk pohon Bambu di sekitar makam, sehingga makam nampak kotor. Sehingga mengetahui kondisi ini, Kades Leran, Abd. Manan M.Si. mengajak masyarakat sekitar dan dibantu Serka Rasid, Babinsa Koramil 0817/06 Mayar untuk bergotong royong melaksanakan pembersihan sekitar makam.


Saat dilokasi, Kades Leran mengatakan, “Banyak pohon tumbang dan ranting pohon yang berserakan akibat terpaan angin puting beliung kemarin lalu, jadi hari ini  kita bersama masyarakat sekitar dan Pak Babinsa, serta  melakukan pembersihan dan pembenahan disekitar makam panjang, agar tampak bersih sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan berziarah di Makam Panjang ini.”katanya.


Dilokasi yang sama, Serka Rasid menambahkan, “Makam Panjang merupakan cagar budaya yang harus dilestarikan, jadi kami harap dengan kegiatan seperti ini bisa dapat memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk lebih peduli dan merawat makam panjang ini dan bisa lebih mengenal sejarah awal mula penyebaran agama islam di tanah gresik.” ucapnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads