Breaking

Post Top Ad

9/04/2022

Keseruan Tumpeng Seribu Bandeng Warnai Bersih Desa Tambak Beras

Gresik, pojokpudak.com


Sejak pagi antusias warga Desa Tambak Beras memadati Gedung serba guna, hal itu menggelar tradisi unik tumpeng seribu bandeng. Namun tak hanya seribu bandeng yang disajikan dalam ritual tolak bala, Sabtu (3/9/2022), warga juga membawa wadah bak plastik yang berisi aneka buah, jajan pasar dan lauk.


Tumpeng bandeng yang dihidangkan sekaligus dalam ritual adat yang digelar tersebut, langsung ludes di bagikan setiap orang tiga bandeng. 


Tradisi bersih desa tumpeng bandeng ini yang masuk dalam agenda tahunan ini sempat terhenti, akibat covid-19. Dan pada hari ini dengan ucap sukur pada Allah SWT, Alhamdulillah sekarang pada tahun 2022 ini, kami dari pemerintah desa bisa melaksanakan sedekah bumi, Kata Kades Tambak Beras Wahyudi.


Kami atas nama Pemdes dan warga Tambak Beras mengucapkan terima kasih sekali kepada Pak Bupati Gus Yani yang sudi hadir serta meluangkan waktunya, dalam kegiatan sedekah bumi di Desa ini. Hal ini merupakan penghormatan sendiri bagi kita. Dan tidak lupa Wahyudi mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Tambak Beras, di mana khususnya dalam mensukseskan kegiatan sedekah bumi. Karena bagi kami sedekah bumi ini adalah sebagai wujud kita kepada Allah. Katanya. 


Perlu di ketahui, kenapa kita menyajikan tumpeng Bandeng, karena dimana di Desa Tambak Beras tersebut 90% warganya adalah petani tambak. Tambahnya. 


Sementara itu Ketua Panitia menuturkan," Ini adalah panen raya dari hasil bumi warga desa tambak beras berupa bandeng, dimana yang kebetulan 90% wilayah kami adalah petani tambak dan petani padi. Jadi akhirnya desa kami di juluki Desa Tambak Beras.


Kebetulan kami di tahun 2022, mengadakan acara sedekah bumi. Ini merupakan acara tahunan dari desa tambak beras. Di mana ini adalah tahun ke dua, untuk yang tumpeng seribu bandeng.


Tumpeng bandeng tersebut, secara keseluruhan di bagikan kepada seluruh warga yang ada di luar desa tambak beras. Kita bagikan tiga ekor banding di masing masing orang. Tambahnya.


Selain Bupati Gresik Gus Yani, hadir pula dalam pelaksanaan tumpeng seribu bandeng Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Saidah, Ketua Komisi IV  Muhammad, dan Muspika Cerme. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads