Breaking

Post Top Ad

9/19/2022

Lestarikan Tradisi Leluhur, Warga Desa Sidowungu Gelar Sedekah Bumi

Gresik, pojokpudak.com


Pemerintah Desa Sidowungu Kecamatan Menganti, terus berupaya terus melestarikan tradisi leluhur dengan cara menggelar Sedekah Bumi. 


Sedekah bumi tersebut diselenggarakan dua hari berturut-turut dan pada minggu (18/9/2022) diadakan arak -arakan kirab tumpeng raksasa. masyarakat Sidowungu antusias mengikuti kirab. Warga juga mengarak gunungan yang berisi berbagai hasil bumi. 


Kirab tumpeng raksasa dilakukan mulai dari Dusun Boro menuju lapangan Desa Sidowungu. Sesampainya di lapangan, gunungan itu dikerumuni oleh warga. Setelah dilantunkan doa, gunungan itu kemudian jadi rebutan dan dibagikan masyarakat. 


Sedekah bumi itu semakin meriah karena dihadiri Wakil Ketua dan anggota DPRD Gresik. Kepala Desa (Kades) Sidowungu Suedi dalam sambutannya mengatakan, budaya kirab seperti ini baru dilakukan sekali. Karena pada perayaan Sedekah Bumi sebelumnya, kegiatan kirab ditiadakan lantaran adanya pandemi covid 19 selama dua tahun. Alhasil, ritual sedekah bumi dilakukan secara sederhana.


”Alhamdulillah, warga sangat antusias mengikuti kirab ini. Semoga tahun depan yang ikut berpartisipasi semakin banyak dan semakin meriah,” katanya 


EDI mengatakan, kirab budaya dengan mengarak gunungan ini adalah sebagai wujud rasa syukur warga terhadap limpahan rahmat yang telah diberikan oleh Allah. Dari hasil bumi, mereka bisa hidup sejahtera, bisa menikmati secara bersama, sehingga panjatan syukur ini penting untuk dilakukan. 


”Hasil bumi kita kumpulkan, kemudian kita arak keliling desa sebagai bentuk syukur kami kepada Allah karena telah diberikan kesejahteraan dan rezeki yang melimpah,” ungkapnya. 


Edi juga mengatakan bahwa kirab budaya ini adalah warisan leluhur. Kesenian dan tradisi yang ada di desa diangkat kembali dan dikenalkan kepada masyarakat setempat. 


”Tujuan kami adalah untuk melestarikan budaya Jawa pada umumnya, dan khususnya budaya Desa Sidowungu ini,” imbuhnya.  

dengan adanya kirab ini, ia berharap kekompakan masyarakat semakin kuat, solidaritas dan kebersamaan semakin terjaga. (Ags/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads