Breaking

Post Top Ad

9/21/2022

Wabup : Doktrin Keagamaan Mempunyai Peran Besar Dalam Sosialisasi Gender di Masyarakat

Gresik, pojokpudak.com


Pemerintah Kabupaten Gresik, melalui Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA), melaksanakan sosialisasi dan advokasi pengarusutamaan gender (PUG) bagi pondok pesantren di Bawean.


Kegiatan digelar di kantor MWC NU Sangkapura pada Selasa (20/9/2022) diikuti oleh perwakilan pondok pesantren dari Kecamatan Tambak dan Sangkapura.


"Pengarusutamaan gender bukan hal yang baru utamanya di pondok pesantren perlu peran kiai dan nyai yang mendistribusikan nilai - nilai luhur agama Islam kepada para santri atau masyarakat luas," ujar wabup saat membuka kegiatan.


Menurut Wabup, pesantren yang notabene nya lembaga pendidikan tertua di Indonesia, yang mengajarkan doktrin keagamaan mempunyai peran besar dalam sosialisasi gender di masyarakat.


"Angka stunting di Bawean masih tinggi, ini yang menjadi perhatian kita semua, untuk itu pondok pesantren harus sering memberikan sosialisasi tentang pernikahan dini yang bisa berdampak stunting," ungkapnya.


Di Bawean pondok pesantren menjadi penentu kemajuan pendidikan. Wabup berharap melalui advokasi pengarusutamaan gender untuk pondok pesantren di Bawean dapat memahami konsep gender dan pengarusutamaan gender, dalam isu stunting dan mampu menganalisa strategi PUG dalam program dan kegiatan pencegahan stunting di lingkungan pondok pesantren.


Turut hadir dalam acara pembukaan kegiatan tersebut, Kiai Zubaidi Humaili Rais PCNU Bawean, Ketua Tanfidziah Kiai Muhammad Fauzi, Kiai Mas'udi Forkopimcam Sangkapura. (Dvd/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads