Breaking

Post Top Ad

10/30/2022

Bimtek BPD Cerme, Wabup Inginkan Peningkatan Sektor Pelayanan Desa

Gresik, pojokpudak.com


Salah satu faktor dalam membangun desa mandiri adalah sektor pelayanan desa. Dimana pelayanan tersebut merupakan tolak ukur dalam menunjang kebutuhan warganya. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat Bimbingan Teknis (Bimtek) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cerme di Hotel Purnama Batu, Sabtu (29/10/2022).


"Salah satu kriteria desa mandiri adalah Infrastruktur memadai, SDM baik, dan pelayanan umum. Nah khusus dalam pelayanan ini BPD harus mengawasi secara langsung. Sehingga menuju desa mandiri menjadi tidak sulit." ujar wabup.


Kegiatan yang diinisiasi oleh Kecamatan Cerme tersebut, mengundang seluruh BPD desa di Kecamatan Cerme. Tidak hanya BPD, Kepala Dinas PMD Abu Hasan, Kepala Inspektorat Edy Hadisiswoyo, Forkopimcam Cerme, juga turut serta dalam kegiatan ini.

Bu Min sapaan akrab wabub juga menyampaikan, saat ini Kabupaten Gresik menempati urutan ke-3 dalam capaian Indeks Desa Membangun (IDM) di Jawa Timur dan urutan ke 21 dalam skala nasional.

"Dari 330 desa di Gresik, ada 153 desa mandiri, 156 desa maju, dan sisanya masih desa berkembang. Sehingga ini menjadi PR kita bersama untuk bisa mewujudkan desa mandiri." ujar Bu Min.

Saat ini desa wisata sedang menjadi topik utama pengembangan desa mandiri dalam skala nasional. Sedangkan menurut wabup, dalam mewujudkan desa mandiri tidak harus menjadi sebuah desa wisata. 

"Momen Bimtek peningkatan kapasitas BPD, dapat menjadi wadah dalam sharing dari desa yang ada di Cerme. Sehingga BPD dapat menentukan akan menjadi seperti apa desanya, tidak melulu jadi desa wisata" katanya.


Camat Cerme Umar Hasyim menambahkan, Bimtek peningkatan BPD ini rutin diadakan setiap tahun. Tidak lain sebagai upaya dalam meningkatkan SDM masing-masing BPD dalam pengembangan desa di Cerme.


"Program peningkatan kapasitas di Cerme ini sudah rutin, sehingga BPD tiap tahun dapat meningkatkan kualitasnya dalam membangun desa." katanya.

Harapannya, dengan rutinitas Bimtek ini dapat membantu BPD dalam mewujudkan desa mandiri. Ia juga menginginkan, tidak hanya BPD, tapi juga seluruh perangkat desa yang lain serta masyarakat desa turut andil dalam mewujudkan desa mandiri. (Tlh/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads