Breaking

Post Top Ad

10/24/2022

Sedekah Bumi Dusun Pengampon Desa Setro Berlangsung Meriah

Gresik, pojokpudak.com


Sedekah bumi adalah perwujudan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Kegiatan yang  susah menjadi budaya bagi masyarakat jawa ini dirayakan oleh masyarakat Dusun Pengampon Desa Setro, Kecamatan Menganti, Minggu (23/10/2022).


Acara itu berlangsung meriah lantaran warga melakukan kirab tumpeng raksasa yang dirangkai dengan berbagai model kemudian diarak keliling dusun. Rangkaian sedekah bumi tersebut juga diselingi acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Lantunan sholawat dikumandangkan dalam sesi pembukaan sedekah bumi. 


Acara itu dihadiri oleh Muspika Menganti, Kepala Desa Setro Achmad Saiful serta perangkat, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Hadir pula Wakil Ketua DPRD fraksi PDIP Mujid Riduan. 


Dalam sambutannya Kepala Desa Setro Achmad Saiful mengucapkan rasa syukur, yang mana kegiatan sedekah bumi dapat berlangsung dengan aman dan lancar. 


Kades juga mengapresiasi kekompakan warga disetiap RT dalam memeriahkan acara sedekah bumi. Apalagi, Dusun Pengampon ini terkenal dengan Dusun pesantren. maka dari itu, dia mengajak masyarakat untuk semakin bersyukur dan bertaqwa kepada Allah.


Sedangkan Wakil Ketua DPRD Mujid Riduan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Gresik baru-baru ini meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC ), yang mana program UHC ini adalah merupakan komitmen Pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat, hanya dengan menunjukkan KTP saja, warga sudah mendapat pelayanan kesehatan gratis terutama fasilitas kesehatan kelas tiga. Disamping itu, ia meminta pemerintah desa untuk gencar melakukan sosialisasi program tersebut kepada masyarakat.


Lebih lanjut Mujid menyinggung perkembangan pembangunan infrastruktur di Desa Setro yang berjalan sesuai rencana, " mari kita bersama-sama mewujudkan pembangunan di desa dengan asas gotong royong, pungkasnya. (Gus/rof).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads