Breaking

Post Top Ad

11/16/2022

Aksi Kemanusiaan, Kades Wahono Yudo Kerja Bareng Dengan PMI Gelar Donor Darah Berlangsung Rutin Setiap Tiga Bulan

Gresik, pojokpudak.com


Menjadi Kepala Desa (Kades) tak hanya mengurusi pemerintahan dan pembangunan saja. Urusan sosial kemasyarakatan juga tak lepas dari perhatian seorang Kades. 


Salah satunya, menumbuhkan partisipasi donor darah warga. Kegiatan mulia ini telah berlangsung lama di Desa Kedungsumber. 


Usai terhenti beberapa waktu akibat pandemi COVID-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungsumber, Kecamatan Balongpanggang kembali menggelar donor darah pada Rabu (16/11/2022) pagi. 

Kegiatan tersebut rencananya akan kembali dilaksanakan rutin setiap tiga bulan sekali. Kata Kades Kedungsumbar Wahono Yudo, saat di temui di ruang kerjanya. 


Bertempat di Pendopo Desa Kedungsumber, kegiatan tersebut bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gresik dengan dibantu bidan desa. Yang bertugas melakukan pengecekan kesehatan kepada calon pendonor.

Lebih jauh Wahono Yudo mengatakan, kegiatan donor darah ini sebagai wujud kemanusiaan terhadap sesama. Baginya, ini tindakan sederhana yang bisa dilakukan setiap orang untuk membantu menambah stok darah PMI Kabupaten Gresik. 


Dan tak lupa ia pun, sangat berterimakasih kepada masyarakat yang bersedia mendonorkan darahnya. Ia berharap kegiatan donor terus berlanjut dan antusias masyarakat semakin tinggi.

"Saya sangat berterimakasih kepada masyarakat Kedungsumber terlebih lagi hari ini ada yang dari Pondok Mambaus Sholihin 5 yang telah bersedia mendonorkan darah mereka untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga ini terus berlanjut dan masyarakat semakin antusias," ungkapnya.


Selain bentuk aksi kepedulian, Kades Wahono Yudo juga mengutarakan manfaat dari donor darah. Antara lain mengurangi resiko penyakit dan donor juga menyehatkan," imbuhnya.


Di tempat yang sama salah satu peserta donor Wahyu Alfianto yang mondok di Mambaus Sholihin 5 mengaku senang, sebab donor seperti ini sudah yang ketiga kalinya. Semoga kedepan agar nantinya bisa di ikuti oleh warga sekitar, karena setelah donor darah badan kita terasa enak. Terlebih lagi baginya,  menyumbangkan setetes demi setetes darah mereka untuk sesama yang membutuhkan,"Katanya. 

Di tempat yang sama Bidan Desa Kedungsumber Nur Marsila menuturkan," Sebelum melakukan donor para calon pendonor harus memenuhi beberapa persyaratan medis ketika akan mendonorkan darahnya. Meliputi cek tekanan darah dan berat badan yang ideal. Kemudian, kecukupan waktu tidur, tidak dalam keadaan sedang datang bulan, tidak memiliki penyakit, dan tidak mengonsumsi obat minimal sejak satu minggu sebelumnya," 


Alhamdulillah, ada 50 peserta yang ikut partisipasi untuk kegiatan sosial seperti donor darah ini, karena baginya demi rasa kemanusiaan tidak harus harta, darah pun bisa untuk di sumbangkan. Tanahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads