Breaking

Post Top Ad

11/24/2022

Upaya Babinsa Bangkitkan Semangat Dalam Usaha Kerajinan Rotan

Gresik, pojokpudak.com


Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga kerap dilakukan Babinsa bertujuan untuk membangun keharmonisan sehingga dapat terciptanya hubungan kerjasama yang baik dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah binaan.


Dalam kesempatan kegiatan Komsos kali ini, Serda Eko selaku Babinsa Koramil 0817/04 Menganti mengunjungi pengraji rotan yang bertempat di Desa Putat Lor Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Rabu(23/11/2022).


Saat di lokasi, Serda Eko menemui 2 orang pengrajin yang kebetulan sedang melaksanakan penghalusan rotan yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan utama dalam proses produk kerajinan.


Salah satu pengrajin Ibu Ariyani mengatakan,”Sebelum jadi bentuk suatu kerajinan, rotan –rotan ini dihaluskan dulu dan juga ada proses pembelahan sesuai ukuran yang diperlukan. Sebenarnya banyak proses dari bahan yang dibutuhkan sebelum jadi sebuah bentuk atau produk kerajinan.”kata Ibu Ariyani menceritakan saat ditemui Babinsa.


“Keterampilan dalam membuat bentuk suatu kerajinan saya belajar secara otodidak dan produk yang dihasilkan hanya sesuai pesanan pasar.”tambahnya. 


Kerajinan merupakan suatu seni yang melibatkan keterampilan dimana hasilnya bisa dijadikan fungsi atau pajangan saja. Nilai atau hasil dari suatu kerajinan sebenarnya sangat tinggi karena tidak semua orang memiliki keterampilan di bidang seni.


Di lokasi yang sama,“Sebagai Babinsa saya menghimbau kepada Ibu Ariyani agar tetap menjaga kesehatan dan mengutamakan keamanan maupun keselamatan dalam bekerja. Tetap gunakan masker, Sebab banyak debu hasil dari proses penghalusan rotan, apabila sering terhirup bisa mengakibatkan sakit sesak nafas.”kata Serda Eko.


“Karena tuntutan jaman yang semakin berkembang, diharapkan Ibu Ariyani bisa lebih kreatif dan berani berinovasi sehingga bisa menghasilkan banyak produk kerajinan sehingga dapat meningkatkan atau menambah penghasilan.”pungkasnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads