Breaking

Post Top Ad

12/31/2022

Babinsa Balongpanggang Komsos, Berikan Motivasi Warga Binaan Pembuat Tempe

Gresik, pojokpudak.com


Dalam monitoring wilayah, Serda Dwi Purwanto Babinsa Koramil 0817/09 Balongpanggang melaksanakan Komsos dengan warganya yang memiliki usaha pembuat tempe di Desa Kedungsumber Kec. Balongpanggang. Jumat (30/12/2022).


Memiliki tugas dan tanggung jawab di wilayah, Babinsa sebagai pembina desa kerap turun langsung hadir ditengah-tengah masyarakat dengan tujuan selain untuk mengetahui perkembangan situasi wilayah, juga memberikan motivasi untuk mendorong kemajuan usaha-usaha masyarakat sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan binaan di wilayah.


Saat ditemui Babinsa, Hardi pembuat tempe mengatakan bahwa usahanya dimulai sejak lama hingga sekarang memiliki beberapa karyawan yang membantu usahanya. 


“Ada beberapa karyawan yang membantu dalam membuat tempe dari warga sekitaran sini, dan hasil produksi tempe saya menjualnya di pasar-pasar terdekat seperti di pasar Balongpanggang dan Mantup, tetapi ada juga masyarakat sekitar yang beli langsung di tempat saya. Untuk ampas kedelainya juga sudah ada peternak sapi warga sekitar juga yang mengambil untuk konsumsi hewan ternaknya.”terangnya Bapak Hardi.


Tempe adalah jenis makanan dari bahan utama kedelai yang disukai banyak masyarakat Indonesia dari anak kecil hingga dewasa. Disamping itu, tempe juga dapat dijadikan lauk pauk, untuk tambahan dalam sayuran, camilan dan lainnya.


Ditempat yang sama, Serda Dwi Purwanto mengatakan banyak variasi olahan makanan yang bahan dasarnya dari tempe, sehingga dalam usaha pembuat tempe diharapkan bisa berinovasi untuk mengembangkan usahanya.


“Sebagai Babinsa menyarankan agar Hardi berani berinovasi untuk mengembangkan usaha membuat tempe, seperti mengolah menjadi cemilan keripik tempe atau yang lainnya. Bisa juga bekerjasama dengan usaha UMKM daerah yang membuat cemilan dari bahan tempe. Ini akan menambah pundi-pundi penghasilan dan juga dapat membantu meningkatkan perekonomian di wilayah.”kata Babinsa Serda Dwi Purwanto.


“Saya berharap usaha Bapak Kardi bisa berkembang lebih maju dan saya juga menghimbau agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar maupun tempat kerja. Dengan terjaganya kebersihan dapat membantu terhindarnya dari hama tikus saat di dalam gudang penyimpanan bahan baku serta dapat menjaga kwalitas produksi tempe.”pungkasnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads