Breaking

Post Top Ad

12/08/2022

Maksimalkan Program Ketahanan Pangan, Serka Dais Bantu Petani Binaan Merawat Tanaman Tomat

Gresik, pojokpudak.com


Mendukung program pemerintah dalam Hal Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 0817/13 Ujungpangkah, Serka Dais dalam komsosnya turut membantu petani di kebun untuk merawat tanaman buah tomat. Kebun tersebut milik Handoko (40) dengan luas lahan mencapai satu hektar yang berada di Desa karang Rejo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik , Kamis  (08/12/2022).


Serka dais mengatakan, perawatan secara rutin sangat diperlukan untuk mendapatkan tanaman tomat yang subur dengan membuahkan hasil yang produktif dan memiliki nilai mutu berkualitas.


“Cara melakukan perawatan hampir sama dengan melakukan perawat pada cabai, yaitu dengan membersihkan tanaman tomat dari rumput pengganggu, pemberian tali (penopang), pemberian pupuk organik dan penyiraman secara rutin pada pagi dan siang hari.” ujar Serka Dais.


Lanjutnya, “Apabila tanaman terserang hama, maka cabutlah tanaman yang telah terserang dan buang jauh dari tanaman tomat yang lain agar tidak mudah menyebar ke tanaman yang lain. Selain itu dilakukan Pemberian pestisida bisa dilakukan jika serangan hama sudah parah dan pilih pestisida yang organik.”tuturnya.


Sementara itu, Handoko mengucapkan terima kasih atas keterlibatan langsung Babinsa dalam membantu merawat tanaman tomat mulai dari pembibitan, penyiapan lahan hingga sampai dengan musim panen tiba.


“Bapak Babinsa ikut terjun langsung membantu kami para petani di perkebunan, ia juga membantu di area persawahan seperti padi, jagung dan kedelai (PAJALE) yang merupakan program ketahanan pangan Nasional, dan saya rasa aktifitas Pak Babinsa sangat membantu kami untuk mendukung peningkatan kesejahteraan para petani.” tuturnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads