Breaking

Post Top Ad

1/29/2023

Kuatkan Ketahanan Pangan Babinsa Motivasi Petani Di Wilayah Binaan

Gresik, pojokpudak.com

Sertu Eko Cahyono Babinsa Koramil 0817/03 Kedamean terus melaksanakan pendampingan terhadap petani binaan bertujuan agar mempunyai semangat untuk mengembangkan usaha bidang pertanian yang bertempat di Dusun Rayung, Desa Turirejo, Kec. Kedamean. Minggu (29/1/2023).


Untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah, para petani daerah harus dapat melakukan berbagai hal untuk menghasilkan panen padi yang melimpah. Dengan tujuan tentu saja untuk terpenuhinya seluruh kebutuhan pokok masyarakat di daerah atau dalam negeri. Untuk itu, para petani seharusnya memiliki pengetahuan dasar terkait cara penanaman padi yang baik dan benar agar hasil panennya pun sesuai dengan target.


Saat ditemui Lasmi petani binaan warga Dusun Rayun mengatakan dengan pengetahuan pertanian modern, sekarang panen padi bisa dalam waktu yang lebih cepat dari biasanya. 


"Dalam kurun waktu 4 bulan sekarang sudah bisa panen, kalau sebelumnya 8 bulan sekali panen dengan hasil yang sama." Katanya. 


Dilokasi yang sama, menurut Sertu Eko Cahyono mengatakan, dengan pengetahuan pertanian modern cara menanam padi yang baik dan benar sangat penting untuk diketahui oleh para petani guna meningkatkan hasil produksi padi pada setiap masa panen yang datang, karena permintaan beras dari tahun ke tahun hingga kini tidak pernah menurun dan permintaannya bisa tambah naik. 


"Perlunya pendampingan terhadap petani daerah dengan memberikan motivasi serta edukasi tentang teknologi pertanian modern sangatlah penting untuk mendorong kemajuan pertanian daerah. Disamping itu penyediaan benih padi yang berkualitas juga merupakan hal yang penting untuk mendukung dalam meningkatkan hasil."kata Sertu Eko Cahyono. 


"Diharapkan para petani juga memperhatikan tempat penyimpanan pada pascapanen, sebab untuk mencegah susut bobot, memperlambat perubahan kimiawi yang tidak diinginkan, mencegah kontaminasi dari bahan asing dan mencegah kerusakan fisik, tempat penyimpanan berperan sangat penting dalam mempertahankan kualitas hasil pertanian."pungkasnya. (Sty/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads