Breaking

Post Top Ad

1/12/2023

Mendorong Perekonomian di Wilayah Binaan, Babinsa Berikan Motivasi Kepada Pelaku Usaha UMKM Daerah

Gresik, pojokpudak.com


Bertujuan untuk meningkatkan perekonomian di wilayah, Serda Surja Babinsa Koramil 0817/05 Gresik Kota melaksanakan kegiatan Komsos dengan mengunjungi usaha UMKM songkok milik Bapak Amin warga binaan yang bertempat di Jln Nyi Ageng Pinatih, Kelurahan Pekelingan, Kecamatan Gresik. Kamis (12/1/2023).


Menurutnya, melaksanakan pendampingan pada pelaku usaha UMKM di wilayah dengan memberikan motivasi berharap pelaku usaha bisa lebih percaya diri dan bersemangat untuk mengembangkan usahanya. Industri kecil rumahan atau usaha UMKM merupakan salah satu komponen penting dalam struktur perekonomian nasional, hal ini ditunjukkan bahwa dengan usaha UMKM mampu bisa menyerap banyak tenaga kerja di suatu wilayah.


Gresik merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan produksi songkoknya, meskipun sempat melambat produksinya disaat pandemi Covid-19 pada 2 tahun lalu, namun sekarang mulai perlahan bangkit dan normal kembali.


“Dampak buruk saat pandemi waktu itu sangat terasa sekali terhadap usaha songkok saya, akan tetapi dengan adanya pendampingan dari pak Babinsa waktu itu mengajari tentang marketing penjualan produk lewat daring atau media online membuat usaha saya masih bisa bertahan. Sekarang sudah normal dan semakin banyak pesanan, sebab berkat pemasaran lewat media online produk buatan saya semakin dikenal banyak orang.”ungkap Amin.


Salah satu faktor kebutuhan akan songkok atau penutup kepala ini dikarenakan sejalan beriringan dengan tingkat kesadaran masyarakat akan budaya atau tradisi, sehingga dengan itu perjalanan songkok dari waktu ke waktu hingga sampai saat ini masih tergolong lestari.


Di lokasi yang sama, Serda Surja mengatakan,“Sebagai Babinsa menyarankan kepada Bapak Amin dalam usaha produksi songkok agar berani berinovasi membuat produk songkoknya berbagai variasi sehingga bisa bersaing, lebih menarik dan disukai namun dengan tidak meninggalkan bentuk keaslian songkoknya yang merupakan khas budaya kita.”ujarnya. (Sty/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads