Breaking

Post Top Ad

1/01/2023

Mendukung Sektor Ekonomi Babinsa Lakukan Pendampingan Vaksinasi Hewan Ternak Di Wilayah Binaan

Gresik, pojokpudak.com


Sebanyak 10 ekor sapi dan 50 ekor kambing hewan ternak milik warga telah diberikan Vaksin serta vitamin oleh Viki yang merupakan dokter hewan dari dinas pertanian dan peternakan Kabupaten Gresik didampingi Babinsa Koramil 0817/15 Bungah di Desa Mojopuro Wetan, Kec. Bungah, Kab. Gresik. Sabtu (31/12/2022).


Vaksinasi terhadap hewan ternak merupakan cara paling efektif dalam upaya pencegahan penyakit pada hewan ternak. Dengan memberikan antigen ke hewan ternak untuk merangsang sistem kekebalan yang menghasilkan antibodi khusus terhadap penyakit hewan yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. 


Menurut Sertu Prayogo Babinsa yang mendampingi dalam kegiatan vaksinasi mengatakan seperti juga manusia, hewan ternak juga memungkinkan terserang berbagai jenis penyakit, baik penyakit menular maupun yang tidak menular.


“Kami menghimbau kepada warga yang memiliki hewan ternak agar melakukan upaya pencegahan disamping sudah diberikannya vaksin agar hewan ternaknya tidak mudah terserang penyakit. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti memberikan pakan yang bergizi, menjaga sanitasi serta menjaga kebersihan lingkungan kandang maupun sekitar.”kata Babinsa Sertu Prayogo kepada warga binaannya.


“Dalam kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh hewan ternak, tetapi juga berperan penting dalam mendukung sektor ekonomi para peternak di wilayah. Pasalnya, serangan penyakit sering kali menimbulkan kerugian bagi peternak yang disebabkan dengan kematian hewan ternaknya.”pungkasnya. (Sty/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads