Breaking

Post Top Ad

1/27/2023

Pendampingan Babinsa Sidayu Kepada Petani Buah Naga Memberikan Dampak Positif Perekonomian

Gresik, pojokpudak.com


Dragon Fruit atau Buah Naga, identik dengan Buah yang dianggap sebagai pembawa hoki bagi sebagian masyarakat Tionghoa, terlebih disaat Tahun baru Imlek peningkatan omset petani buah naga mampu meraup keuntungan hingga dua kali lipat. Kamis (26/1/2023).


Hal ini yang disampaikan oleh Kodir petani buah naga binaan Serda Sudirman Babinsa Koramil 0817/12 Sidayu saat ditemui di area perkebunan yang berlokasi di Desa raci tengah Kec. Sidayu Kab. Gresik.


“Selama ini permintaan buah naga di pasaran cukup stabil, karena kami memastikan kualitas buah yang terbaik yang kami jual dengan sebelumnya dilakukan penyortiran baik ukuran dan kondisi buah naga, dan perawatan kami lakukan setiap harinya sehingga pohon buah naga bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang melimpah.”ujar Kodir.


Tambahnya, “Apalagi disaat perayaan tahun baru Imlek beberapa hari lalu, buah naga di kebun ini habis terjual, banyak diminati oleh masyarakat Tionghoa yang katanya buah ini membawa hoki, dan cara pemasaran kami hanya sebatas komunikasi melalui telpon saja jadi rata-rata pembeli hanya sekitar Gresik dan lamongan saja, ingin kami lebih jauh memasarkan kepada konsumen agar omset kami lebih meningkat tetapi kami masih belum tau caranya.”jelasnya.


Serda Sudirman menjelaskan, bahwa saat ini perkembangan Marketplace atau jualan online sangat mudah diakses oleh semua masyarakat, sehingga dirasakan sangat membantu apabila ingin memasarkan buah naga tidak monoton penjualannya.


“Saya yakin kalau Pak Kodir mulai mengenal dunia pemasaran melalui Online pasti akan menambah omset penjualannya, selain itu di internet kita bisa tau perkembangan harga pupuk dan bibit buah naga yang lebih murah, apalagi selain buah naga pohon buah naga juga bisa dijual karena banyak konsumen yang ingin menanam buah naga dipekarangan rumahnya, jadi sekali jalan bisa menghasilkan beberapa keuntungan.”ujarnya.


Masih Serda Sudirman, “Kalau saya lihat di internet, perkembangan harga buah naga tahun ini cenderung naik, tahun lalu berkisar Rp. 5.000 perkilonya dan sekarang di awal tahun 2023 bisa tembus diharga Rp. 7.500 perkilo belum lagi pohon buah naga mampu mendongkrak perekonomian petani buah naga seperti Pak Kodir ini.”pungkasnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads