Breaking

Post Top Ad

1/30/2023

Supaya Usaha Warga Binaannya Maju, Babinsa Beri Motivasi

Gresik, pojokpudak.com

Kegiatan Komsos (Komunikasi Sosial) merupakan sarana Babinsa sebagai pembina desa untuk berinteraksi terhadap masyarakat guna mengetahui kondisi dan situasi wilayah binaan. Bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah, Sertu Purwanto Babinsa Koramil 0817/09 Balongpanggang berikan motivasi terhadap usaha-usaha di wilayah binaan agar bisa maju dan berkembang. 


Dalam Komsosnya kali ini Sertu Purwanto menyambangi Pak Bari salah satu warga binaan yang memiliki usaha kerajinan/pembuatan gedek (sesek) dari bahan bambu yang bertempat di Dusun Pilangrejo, Desa Kedungpring, Kec. Balongpanggang. Senin(30/1/2023).


Dalam kesempatan yang ada, Pak Bari menjelaskan bahwa hasil kerajinan pembuatan gedek (sesek) ini sudah jarang dibutuhkan karena tuntutan jaman yang semakin berkembang. 


"Jaman dahulu banyak yang memesan pembuatan gedek (sesek) untuk rumah-rumah, hanya karena sekarang sudah maju jadi banyak yang beralih ke bangunan permanen dan sekarang hanya membuat gedek untuk pagar pembatas kandang ternak saja."ujar Pak Bari. 


"Untuk harga per lembar gedek berbeda-beda sesuai dengan ukurannya. Uk. 80cm x 2 m harganya Rp 80.000 dan Uk.1 m x 3 m dengan harga Rp 100.000 saya jual di sekitaran wilayah sini saja."tambahnya. 


Dilokasi yang sama, Sertu Purwanto mengatakan usaha kerajinan dari bambu ini sangatlah minim bahkan sudah jarang sekali ditemukan. 


"Saya menyarankan kepada Pak Bari agar dapat berinovasi dalam pembuatan kerajinan dari bambu. Misal, seperti pembuatan kandang burung atau hewan unggas lainnya sehingga membuat produk baru yang dapat menambah penghasilan."ucap Sertu Purwanto. 


"Disamping itu, dengan banyaknya produksi pastinya akan membantu membuka peluang lowongan tenaga kerja bagi masyarakat di wilayah sekitar."pungkasnya. (Sty/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads