Breaking

Post Top Ad

2/19/2023

Luapan Kali Lamong Genangi Dua Kecamatan

Gresik, pojokpudak.com



Curah hujan yang tinggi mengguyur Kabupaten Gresik menyebabkan sejumlah sungai kali lamong meluap, sehingga merendam rumah warga di dua kecamatan, yakni Kecamatan Balongpanggang dan Kecamatan Benjeng, Minggu (19/2/2023) sore. 


Hujan mengakibatkan aliran Sungai Kali Lamong tidak dapat menampung debit air, sehingga meluap ke permukiman warga, serta melanda area persawahan, dengan ketinggian sekitar 30 cm - 50 cm. Kata Camat Benjeng Siti Sulichah. 


Lebih jauh Siti Sulichah menuturkan," Pada tanggal, 18 Pebruari 2023  telah terjadi hujan yang cukup deras di wilayah Kabupaten Jombang, Mojokerto dan Kabupaten Lamongan, sehingga air hujan memenuhi kali lamong dan mengakibatkan tidak mampu menampung debet air, yang akhirnya meluap dan mengakibatkan terjadi Banjir di beberapa Desa di Kecamatan Benjeng diantaranya Desa Lundo, Sedapurklagen dan Desa Deliksumber," Jelentrehnya.


Dia mengimbau warga tetap siaga menghadapi kemungkinan terjadi bencana banjir karena hujan deras diprakirakan mengguyur wilayah sekitar.  


Sementara itu di tempat terpisah Camat Balongpanggang Amri mengatakan," Banjir yang merendam permukiman warga ini, akibat intensitas hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir. 


Desa tersebut berada dipinggiran sungai kali lamong sehingga cepat masuk saat turun hujan, meski hanya berlangsung di hari kemudian surut.


Saat ini kita terus memantau kondisi di lapangan, dan berupaya maksimal agar banjir tersebut dapat segera surut sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali normal. Jelasnya.


Pihaknya mengimbau, kepada masyarakat yang terdampak banjir untuk selalu waspada.


Bagi masyarakat yang memerlukan bantuan, bisa datang ke posko yang telah didirikan oleh pemerintah setempat di sekitar lokasi banjir.


"Di posko siaga ada petugas yang berjaga 24 jam. Ada petugas TNI, Polri, BPBD, dan petugas medis," Tambahnya. 


Perlu di ketahui di wilayah Kecamatan Balongpanggang yang terendam ada tujuh desa antara lain, Desa Sekarputih, Karangsemanding, Ngampel, Wotansari, Dapet, Banjaragung dan Desa Pucung. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads