Breaking

Post Top Ad

2/14/2023

Menjaga Kesehatan Ternak, Babinsa Ingatkan Peternak Kambing Agar Selalu Rajin Membersihan Kandang

Gresik, pojokpudak.com


Dalam monitoring wilayah, Serda Nuryoko Babinsa Koramil 0817/10 Benjeng melaksanakan Komsos dengan mengunjungi warga binaan yang memiliki usaha ternak kambing yang berada di Desa Delik sumber, Kec. Benjeng untuk mengingatkan agar selalu menjaga kebersihan kandang guna kesehatan ternaknya. Senin (13/2/2023).


Kebutuhan kambing maupun domba setiap tahun terus mengalami peningkatan, terutama disaat bulan haji (Idul Adha) untuk kurban dan untuk Aqiqoh. Dengan terus meningkatnya kebutuhan tersebut, membuat harga kambing dan domba menjadi naik.


Terdapat beberapa keuntungan dan kemudahan dalam beternak kambing maupun domba dibandingkan dengan berternak sapi, diantaranya yaitu pemeliharaannya yang mudah, tidak membutuhkan lahan yang luas, modal tidak besar, berbagai sumber pakan tersedia, cepat mendapatkan hasil, jarak periode beranak pendek, kemampuan beradaptasi tinggi, disamping dengan penghasil beberapa produk seperti daging dan susu.


Saat bersama Babinsa, Subari peternak kambing warga binaan yang dikunjungi mengatakan kandang miliknya berukuran panjang 20 meter, lebar 6 meter dengan dibuat 15 petak ruang kandang, untuk setiap petak dapat diisi 1-3 kambing.


“Disaat hari hari biasa hasil pendapatan saya sekitar 5-7 juta/bulan, namun pada waktu hari Raya Idul Adha untuk korban bisa lebih, sebab waktu itu bisa laku sampai 50 ekor kambing jantan.”ungkap Subari.


Dalam Komsosnya, Serda Nuryoko mengatakan kepada peternak binaan agar selalu memperhatikan kesehatan ternak dengan menjaga kebersihan kandangnya tentunya diimbangi dengan asupan gizi yang akan di berikan kepada hewan ternak.


“Salah satu kunci sukses untuk mencapai produktivitas yang optimal dalam beternak kambing maupun domba adalah menjaga kesehatan ternak dengan menjaga kebersihan kandangnya. Dengan begitu ternak akan sehat dan gangguan serangan penyakit dapat diminimalkan sehingga terhindar dari kerugian dengan adanya kematian hewan ternak yang terkena penyakit.”ucap Serda Nuryoko.


“Pemeriksaan kesehatan pada hewan ternak sebaiknya dilakukan setiap hari yang bertujuan untuk memantau kondisi kesehatan dan mengetahui ada tidaknya abnormalitas pada ternak, sehingga jika ditemukan gejala ternak sakit dapat segera dilakukan tindakan penanganan.”tambahnya. (Sty/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads