Breaking

Post Top Ad

3/17/2023

Implementasi P5, Siswa SD Mugeb Buat Film Cerita Lokal

Gresik, pojokpudak.com


SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik (SD Mugeb) menggelar pemutaran 5 film karya siswa bertajuk Gala Premiere. Hebatnya, film-film yang mengangkat cerita lokal tersebut diputar di bioskop studio 2 CGV Sinemas Icon Mall Gresik. 


Adapun 5 Film karya siswa yang diputar, yakni 1. Sumur Songo persembahan siswa kelas V Afrika durasi 8 menit, 2. Sunan Giri karya kelas V Asia durasi 22 menit, 3. Sunan Pemanggil Hujan: Maulana Malik Ibrahim karya siswa Kelas V Eropa berdurasi 22 menit, 4. Sendang Banyu Biru karya siswa Kelas V Amerika 13 menit dan 5. Telaga Pegat karya Siswa kelas V Australia durasi 12 menit. 


Gala premiere SD Mugeb di CGV Cinemas Icon Mall Gresik pada Kamis 16 Maret 2023 merupakan ajang apresiasi terhadap peserta didik kelas V tahun pelajaran 2022-2023 dalam implementasi Projek Penguatan Profile Pelajar Pancasila (P5). 


Setiap kelas membuat film yang didampingi oleh wali kelas, dimana setiap peserta didik memiliki tugas masing-masing seperti sutradara, produser, editor, penulis naskah, tim property, kostum dan make up. 


"Sebuah karya film yang bersumber dari sumber naratif deskriptif yang dituangkan kedalam bentuk film," kata Neno selaku guru proyek SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik, Jumat (17/1/2023). 


Seluruh film, kata Neno mengusung tema "Kebhinekaan" yang bertujuan memperkaya kembali wawasan masyarakat khusus Gresik, bahwa Gresik memiliki cerita. 


"Kami juga memberikan apresiasi melalui kegiatan tersebut untuk memotivasi siswa menjadi lebih kreatif dan inovatif sejak dini, selama lima bulan produksi," tambah Neno. 


Kepala sekolah SD Mugeb Nor Qomari menegaskan, program pembuatan film ini merupakan lompatan luar biasa dalam mengasah kreativitas dan inovasi siswa. 


“Ini adalah sejarah karya kalian pertama kali diputarkan di CGV Icon Mall. Setelah satu karya selesai, mari kita lanjutkan berkarnya untuk berikutnya," imbuhnya memberi semangat. 


Setelah ukir sejarah dan berkarya, Qomari juga berpesan jika generasi pemenang adalah rendah hati dengan segudang prestasi dan karya. 


"Kita tidak boleh sombong karena masih ada yang berkarya lebih dari kita, jadi harus terus belajar dan berkarya," ujar dia.

  

Wakil Kepala Sekolah SD Mugeb bidanb pengembangan pendidikan Rizka Navilah melanjutkan melalui film ini membuktikan bahwa siswa adalah anak anak yang kreatif yang mampu bekerjasama dalam tim. 


"Juga mandiri karena selama proses pembuatan film ustad dan ustadzah hanya berperan sebagai fasilitator saja, semua proses dilakukan oleh siswa sendiri," tutupnya menanggapi siswa SD di Gresik pamer film pendek hasil proyek kurikulum merdeka. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads