Breaking

Post Top Ad

3/07/2023

Kepala UPT Puskesmas Balongpanggang dr. Rizal : Jalankan Inovasi Tresno Jiwaku, Potong Rambut Gimbal ODGJ

Gresik, pojokpudak.com


Suasana haru mewarnai prosesi pemotongan rambut salah satu Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang gimbal di Dusun Kedungjati Desa Babatan Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik.


Pelaksanaan tersebut yang di laksanakan oleh Team UPT Puskesmas Balongpanggang yang di komandoi oleh dr. Rizal dengan di bantu oleh dari Satpol PP Kec. Balongpanggang. Kata Rizal  Selasa (7/3/2023) pagi 


Terlihat para tetangga juga perhatian ketika ODGJ bersedia dipotong oleh Kepala UPT Puskesmas Balongpanggang dr. Rizal, setelah banyak warga yang gagal merayu.


"Alhamdulillah akhirnya mau di potong dan dimandikan," ucap dr. Rizal sambil mengusap kepalanya ODGJ. 


Lebih jauh dr. Rizal menerangkan," Kegiatan inovasi ini bernama Temukan, Rangkul, Sayangi, Interaksi dan Obati (Tresno Jiwaku). Dan sekarang ini adalah bentuk perhatian khusus terhadap untuk ODGJ, yang rambutnya panjang dan gimbal, maklum lama tidak dipotong," jelas dr. Rizal.


" Selain kunjungan rutin juga melakukan rujukan, dan kemarin kita juga melakukan potong rambut ODGJ karena sudak panjang dan lama tidak dipotong.


Lebih jauh dr. Rizal mengatakan," Ini bentuk aksi sosial, dimana untuk memotivasi dan menyadarkan kita semua untuk selalu menghormati orang lain, dan saling membantu dalam kehidupan termasuk memecahkan masalah. Untuk itu kita membutuhkan bantuan orang lain, itulah sebabnya manusia tidak bisa hidup tanpa manusia lain. Jelasnya. 


Mereka bukan aib bagi masyarakat dan karenanya jangan dianggap sebagai hal yang memalukan atau mengganggu. Mereka sekadar sedang mengalami gangguan atau tekanan pada kejiwaannya," ujarnya.


Kita memerlukan dukungan sosial. Jangan lagi menstigmatisasi ODGJ. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads