Breaking

Post Top Ad

3/22/2023

Sambut Hari Raya Nyepi Warga Bongso Wetan Arak Ogoh-ogoh

Gresik, pojokpudak.com


Rangkaian perayaan dalam menyambut Hari Raya Nyepi 2023  yang diperingati Warga umat Hindu Dusun Bongso Wetan, Desa Pengalangan, Kecamatan Menganti berlangsung meriah.


Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah arak-arakan ogoh-ogoh, Selasa (21/3/2023). Ogoh-ogoh merupakan patung raksasa yang umumnya dibuat dari bahan kayu, bambu, dan kertas. Ogoh-ogoh dibuat dengan ukuran yang besar, dilengkapi dengan hiasan berwarna-warni dan bercahaya. Kegiatan mengarak ogoh-ogoh dilakukan pada malam sebelum Nyepi.


"Total Ogoh-ogoh ada 8, dikumpulkan di Pura Kerta Bumi untuk diarak keliling desa," kata Wongso Negoro, tokoh masyarakat Dusun Bongso Wetan.


Setelah arak-arakan ogoh-ogoh keliling desa, ogoh-ogoh kemudian dibakar di Pura Kerta Bumi. Anak-anak sampai orang tua memadati area pura. Pedagang kaki lima juga memadati jalan desa menuju pura.


Pembakaran ogoh-ogoh itu sebagai simbol pemusnahan segala hal buruk dan kejahatan di dunia yang dilakukan umat Hindu menjelang Nyepi.


"Ogoh-ogoh ini simbol kejelekan, agar tidak ditiru umat manusia," imbuhnya.


Lebih lanjut Wongso yang juga anggota DPRD Gresik tersebut berharap dengan adanya pembakaran ogoh-ogoh ini, sifat jelek manusia bisa dihilangkan. 


" Sehingga bangsa Indonesia ini kita harapkan terus rukun sesuai dengan dasar negara yaitu pancasila," pungkasnya. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads