Breaking

Post Top Ad

4/18/2023

Liburan Pondok, Puluhan Santri Tambakberas Jombang Gelar Pengabdian Masyarakat: Ngajar TPQ, Sosialisasi Pesantren, Hingga Baksos

Gresik, pojokpudak.com


Di saat yang lain tengah menikmati liburan sekolah, para santri dan santriwati Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang justru melaksanakan pengabdian masyarakat. Selama hampir satu minggu, para santri Tambakberas ini berada di tengah-tengah masyarakat, tepatnya di Desa Tulung, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 


Ketua Himpunan Santri Bahrul Ulum (HISBU) Putri Tambakberas Jombang Dyah Ayu Athira mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan setiap liburan Pondok di Bulan Suci Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri. Tahun kemarin digelar di Kecamatan Balongpanggang dan tahun ini giliran di wilayah Kecamatan Kedamean Gresik. 


"Amanah dari Pondok, para santri santriwati asal Gresik dan Surabaya di saat liburan mendapat tugas melakukan Sosialisasi Pesantren sekaligus mengabdi di tengah-tengah masyarakat," terang santriwati asal Desa Melirang, Kecamatan Bungah Gresik ini, Selasa (18/4/2023). 


Lebih lanjut Ketua HISBU Putri yang akrab disapa Athira ini menyampaikan, saat menggelar pengabdian masyarakat di Desa Tulung Kedamean Gresik, sebanyak 80 santri, yang terdiri dari 40 santri putra dan 40 santri putri melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. 


"Selain melaksanakan Sosialisasi Pesantren Door to Door ke masyarakat, kami juga turut membantu mengajar adik-adik TPQ dan siswa SD Negeri 212 Gresik. Semoga nantinya banyak dari mereka yang ingin mondok seperti kami di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang," harap Athira yang juga mengemban amanah sebagai Pengurus Pondok Bidang Pendidikan ini. 


Sementara itu, Kepala Desa Tulung Kedamean Eko Supangkat menyambut baik kegiatan Sosialisasi Pesantren yang digelar para santri Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat positif, karena mengisi liburan Pondok dengan menggelar kegiatan yang bermanfaat. 


"Kami senang sekali dengan hadirnya para santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ke desa kami. Semoga semua kegiatan positif di desa kami menjadi amal ibadah, terlebih di Bulan Suci Ramadan ini. Kami hanya bisa mendoakan agar para santri kelak sukses menggapai asa dan cita-citanya," tandas Pak Kades dengan nada penuh semangat bangga dengan para santri Tambakberas Jombang. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads