Breaking

Post Top Ad

4/14/2023

Peran Aktif Babinsa Dalam Wujudkan Ketahanan Pangan di Wilayah, Dampingi Proses Panen Padi

Gresik, pojokpudak.com


Serka Mardiono Babinsa Koramil 0817/16 Dukun melakukan pendampingan kepada para petani binaan dengan terjun langsung ke sawah. Kali ini ia membantu panen padi di lahan persawahan milik M. Rosikun yang berada di Desa Bulangan, Kec. Dukun,  Kab. Gresik. Jumat (14/04/2023).


Saat di temui di lokasi M. Rosikun mengungkapkan, ia memiliki sawah seluas kurang lebih 1 hektar yang dalam proses perawatannya dengan menggunakan pupuk jenis Phonska, Urea, pupuk lokal dan POC yang memiliki usia masa panen selama 95 hari. 


Tibalah saatnya panen padi bersama keluarga, Rosikun memanfaatkan teknologi mesin padi Kubota. Dengan hadirnya mesin panen padi Kubota ini, maka tiga jenis pekerjaan dapat dikerjakan sekaligus, yaitu memotong, mengumpul dan merontokkan padi.


"Banyak keuntungan dan kelebihan yang didapat jika memanfaatkan mesin panen padi Kubota ini, mulai dari biaya tenaga kerja, biaya upah angkut hingga mempersingkat waktu panen," terangnya dengan semangat.


Rosikun sekeluarga juga menyambut hangat pendampingan langsung dari Pak Babinsa dalam proses panen padi miliknya.


"Panen kali ini kami sangat senang mendapat bantuan langsung dari Pak Babinsa, selain mendapat motivasi juga mendapat dukungan dalam rangka ketahanan pangan wilayah setempat," ucap Rosikun.


Dalam kesempatan ini Serka Mardiono mengatakan bahwa kegiatan pendampingan panen padi ini juga salah satu upaya dalam memberikan motivasi dalam proses panen yang sedang dilakukan oleh petani warga desa binaan sekaligus mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.


"Hal ini tentunya bukan hanya saat panen padi saja, saya berusaha untuk selalu mendampingi Poktan di Desa Bulangan dalam semua kegiatan pertanian," ujar Babinsa Serka Mardiono.


Dengan adanya kepedulian Babinsa terhadap para petani di wilayah binaannya, yang selalu aktif turun ke sawah membantu setiap kegiatan pertanian. Diharapkan dapat memberikan motivasi dan nilai positif bagi petani agar lebih bersemangat dalam mengolah lahan persawahan guna meningkatkan ketahanan pangan. (Sty/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads