Breaking

Post Top Ad

5/10/2023

Monitoring Wilayah, Babinsa Komsos Bersama Nelayan Kerang Hijau

Gresik, pojokpudak.com


Berada di pesisir laut Jawa, Gresik memiliki berkelimpahan segala hasil laut sehingga masyarakatnya sebagian besar memiliki penghasilan sebagai nelayan.


Seperti dengan Majid, warga Desa Randuboto Kec. Sidayu, Kab. Gresik, salah satu warga binaan Sertu Zainul Babinsa Koramil 0817/12 Sidayu yang bekerja sebagai nelayan untuk memenuhi kebutuhan perekonomiannya. Rabu (10/5/2023).


Saat ditemui Babinsa, Majid menceritakan pengalamannya sebagai nelayan mencari ikan yang sekarang sudah beralih budidaya kerang hijau. 


"Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, awalnya sebagai nelayan mencari ikan saja karena kondisi cuaca sering ekstrim kemudian kami beralih budidaya kerang hijau."katanya kepada Babinsa saat dibantu mengangkat hasil panennya.


"Alhamdulillah, kami menemukan sumberdaya baru budidaya kerang hijau bisa membantu perekonomian kami disaat masa paceklik mencari ikan."sebutnya.


Pada siang hari satu per satu dari perahu nelayan bergantian menurunkan hasil panen yang membawa kerang hijau dalam karung putih.


Di tempat yang sama, Sertu Zainul mengatakan bahwa untuk menambah penghasilan, pengembangan potensi ekonomi dalam budidaya kerang hijau harus bisa digali.


"Masih banyak yang bisa dilakukan, seperti memberdayakan ibu-ibu untuk membantu menjadi pengupas kerang hijau sebelum kemudian dijual ke pengepul. Apabila dilakukan akan menambah keuntungan sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarga,"tutur Babinsa. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads