Breaking

Post Top Ad

5/21/2023

Sukses Luncurkan Aplikasi Manajemen UPT SMP Negeri 1 Gresik Berbasis Digital ‘SIBESTIE’

Gresik, pojokpudak.com


Tuntutan zaman pada era sosial 5.0 mengharuskan manajemen sekolah berbasis digital. UPT SMP Negeri 1 Gresik menjawab tantangan zaman tersebut dengan meluncurkan aplikasi baru untuk memudahkan berbagai layanan di sekolah dengan jargon Center of Excellence ini.


Aplikasi tersebut diberi nama ‘SIBESTIE’ yaitu Sistem Informasi Berbasis Digital Terintegrasi. UPT SMP Negeri 1 Gresik memberikan kemudahan dan peningkatan layanan kepada peserta didik, wali murid, warga sekolah, alumnus dan masyarakat secara umum, sehingga informasi berjalan cepat, real time berbasis digital agar terjalin komunikasi secara efektif guna peningkatan mutu pendidikan.


Kepala UPT SMP Negeri 1 Gresik, Beri Avita Prasetiya, M.Pd menyampaikan, pihaknya membentuk Tim Inovasi Peningkatan Pelayanan Publik, untuk mempersiapkan aplikasi ini bersama programmer. Dari sinergi ini diharapkan terjadi peningkatan layanan manajemen sekolah berbasis digital untuk menjawab permasalahan yang muncul. 


"Dan program ini siap direfleksikan untuk sekolah-sekolah di Kabupaten Gresik,” tandasnya, Sabtu (20/5/2023). 


Lebih lanjut Kasek milenial yang dikenal santun, inovatif, dan multitalenta ini menjelaskan, peningkatan manajemen berbasis digital untuk memberikan peningkatan kualitas layanan dan informasi cepat di sekolah dibutuhkan segera. Karena saat ini terjadi berbagai permasalahan antara lain: kurang cepatnya informasi yang diperoleh wali murid tentang kehadiran siswa di sekolah, pengaduan layanan sekolah yang masih manual, dan akuntabilitas tabungan. 


Permasalahan lainnya, yakni permohonan surat menyurat masih secara manual, antrian panjang pelayanan kantin, belum ada wadah atau sarana alumnus dalam komunikasi dengan sekolah, informasi proses pembelajaran serta perkembangan peserta didik, baik kelas reguler maupun kelas tahfidz masih secara manual, informasi buku dan peminjaman buku perpustakaan masih secara manual dan masalah-masalah lainnya. 


Sementara Ketua Tim Inovasi Pelayanan Publik UPT SMP Negeri 1 Gresik Suci Handarini, M.Pd menambahkan, untuk itu dirinya berkolaborasi dengan bagian Kesiswaan, Kurikulum dan Humas Sarpras sebagai pemangku program untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan yang muncul dalam layanan siswa dan mendiskusikan bersama programmer untuk mencarikan solusi atas permasalahan tersebut dengan aplikasi SIBESTIE. 


"Alhamdulillah pada akhirnya program ini semakin baik bisa dimanfaatkan untuk peningkatan layanan pendidikan berbasis digital,” ungkap Suci dengan nada penuh syukur.


Masih kata Suci, sebelum inovasi ini dilakukan, pemangku program (Kurikulum, Kesiswaan dan Humas Sarpras, TU) di sekolah memerlukan waktu yang lama dalam hal menyebarkan informasi kegiatan sekolah, dan merekap laporan, serta menanggapi keluhan dan permasalahan dari siswa atau wali murid yang masih dilakukan secara manual dan terpisah. 


Sedangkan pelaporan administrasi masih dilakukan hanya satu arah. Setelah dilakukan inovasi ini Informasi sudah berjalan dua arah ( Informasi yang dikirim admin bisa ditanggapi oleh siswa dan wali murid ). Aplikasi SIBESTIE (Sistem Informasi Berbasis Digital Terintegrasi) berbasis Android meliputi Sistem Layanan manajemen Kurikulum ,Kesiswaan, Sarpras, Humas, dan Perpustakaan menjadi  terintegrasi, efektif, layanan lebih cepat, mudah, dan fleksibel. 


SIBESTIE memiliki ukuran file yang kecil sehingga bisa dibuka semua versi android dan source code, dan bisa di kloning, serta support dengan banyak aplikasi di android. SIBESTIE dapat diterapkan di semua sekolah di wilayah maupun luar Kabupaten Gresik yang memiliki akses internet, sumber daya manusia (SDM) dengan kompetensi IT, tersedia perangkat IT (laptop, Komputer, Android, Scanner). Sekolah yang akan mereplikasi program ini harus mempunyai perangkat website yaitu domain dan hosting. 


"Pengolahan data yang diproses SIBESTIE memudahkan pekerjaan para pemangku program karena diproses secara digital, dan bersifat interaktif karena fitur-fitur bisa diakses dua arah. SIBESTIE is my bestie," pungkasnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads