Breaking

Post Top Ad

6/19/2023

Mengurus Surat Di Desa Kedamean Gresik Tinggal Tempel KTP, Tiga Menit Selesai

Gresik, pojokpudak.com


Pemdes Kedamean Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, Memudahkan pelayanan masyarakat. Melalui sistem digital, serupa dengan mesin ATM, mengurus surat administrasi di Desa tersebut tidak sampai tiga menit.


Dengan adanya anjungan digital Desa ini, Warga Desa kini dapat dengan mudah mengurus berbagai surat administrasi hanya dengan menempelkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka.


Sementara itu Kepala Desa (Kades) Kedamean Abdul Mufid  mengungkapkan bahwa inovasi ini bertujuan untuk mempermudah akses pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus surat-surat mandiri.


Tidak hanya itu Abdul Mufid, sistem anjungan mandiri administrasi juga menghilangkan kebutuhan untuk menunggu tanda tangan dari petugas Desa. Hal itu karena memakai Tanda Tangan Elektronik (TTE).


“Masyarakat yang datang ke Kantor Balai Desa hanya perlu membawa KTP elektronik untuk ditempel di mesin anjungan, setelah itu tinggal pilih menu kebutuhan surat yang diinginkan. Kurang dari tiga sampai lima menit surat sudah tercetak dan sudah bertandatangan elektronik,” jelasnya, Abdul Mufid, Senin  (19/6/2023).


Masih Abdul Mufid selain memberikan kemudahan kepada warganya, mesin anjungan cetak surat ini sangat membatu masyarakat dan juga membantu perangkat desa dalam memberikan pelayanan yang lebih cepat.


Seluruh data masyarakat sudah terinput dalam sistem, sehingga petugas Desa tidak perlu lagi menginput data secara manual. Hal ini memungkinkan proses pelayanan menjadi lebih efisien dan cepat.


Abdul Mufid Menambahkan anjungan mandiri administrasi ini menyediakan layanan surat menyurat seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat domisili, surat pengantar administrasi, keterangan lahir, surat kematian, surat usaha, permohonan akta, dan pengantar kehilangan. Jelasnya.



Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan pelayanan administrasi desa menjadi lebih efisien, transparan, dan mudah diakses oleh seluruh warga Desa Kedamean.


“Semoga kemudahan ini dirasakan oleh masyarakat sekitar, selain bisa dicetak disini, file surat menyurat bisa dikirim secara digital, dan bisa dicetak sesuai kebutuhan,” ungkapnya, Abdul.Mufid. Pungkasnya (Dyo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads