Breaking

Post Top Ad

6/19/2023

Warga Dusun Sukorejo Gelar Sedekah Bumi Meriah Dengan Hiburan Wayang Kulit

Gresik, pojokpudak.com



Sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen yang didapat, Warga masyarakat Dusun Sukorejo Desa Turirejo, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, Menggelar kegiatan sedekah bumi.


Tradisi sedekah bumi ini merupakan salah satu kearifan lokal adat istiadat yang masih di pertahankan oleh, warga Dusun Sukorejo sampai hingga kini. Prosesi sedekah bumi ini, sudah berlangsung secara turun temurun sejak dari nenek moyang (Leluhur).


Prosesi sedekah bumi tersebut diawali seluruh warga berduyun duyun membawa ambeng tumpeng dan nampan yang berisi makanan maupun jajan lainnya menuju ke kediaman rumah Kepala Dusun (Kasun) Sukorejo Suwarno.


Kemudian seluruh warga berkumpul jadi satu menaruh tumpeng tersebut menjadi satu, Setelah itu dilaksanakan, Istighosah dan doa bersama.


Acara sedekah bumi di hadiri oleh Kepala Desa (Kades) Turirejo Surianto, S, Sos, Sekdes Sugeng, Kasun Sukorejo Suwarno sekalipun Ketua panitia sedekah bumi berserta seluruh anggota, Ketua RT/RW Karang taruna, berserta tokoh agama, dan seluruh masyarakat Dusun Sukorejo.


Kemudian pada malam harinya panitia sedekah bumi menyuguhkan hiburan pagelaran seni budaya asli Jawa Timuran, Wayang kulit live dengan menghadirkan, Ki dalang  Slamet Dharmawan semalam suntuk.


Sementara itu dalam sambutannya Kasun Sukorejo Suwarno sekaligus Ketua panitia sedekah bumi, Mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh warga Dusun Sukorejo atas dukungannya dan sumbangsihnya, 


Dengan adanya kegiatan sedekah bumi di Dusun Sukorejo Desa Turirejo berlangsung sangat meriah sekali. Menunjukkan bahwa warga Dusun Sukorejo sangat kompak bersatu, guyup rukun dan berbudaya. Alhamdulillah, kegiatan sedekah bumi ini berjalan lancar dan sukses.


Lebih jauh Kasun menambahkan bahwasanya kegiatan sedekah bumi ini merupakan wujud syukur dari seluruh warga masyarakat Dusun Sukorejo atas nikmat dari, Allah SWT atas limpahan berkah, keselamatan dan nikmat berupa panen hasil bumi yang telah didapatkannya.


Mudah mudahan dari wujud syukur ini warga sukorejo tetap diberkahi, banyak rezeki serta diberikan kesehatan, umur panjang dan dijauhkan dari segala musibah juga dijauhkan dari segala marabahaya. Tuturnya.


Tidak hanya itu Kasun juga mengucapkan mohon maaf kepada seluruh masyarakat, Dusun Sukorejo  apabila dalam kegiatan sedekah bumi ini, ada kekurangan dan juga ada kesalahan sekali lagi saya pribadi berserta panitia lainnya mohon maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh masyarakat, Ungkapnya.


Ditempat yang sama Kades Turirejo Surianto, S,Sos dalam sambutannya,"Mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Dusun Sukorejo  dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini, warga Dusun Sukorejo kelihatan kompak guyub rukun dan sangat antusias sekali.

Tidak hanya itu Kades menghimbau kepada seluruh masyarakat, Dusun Sukorejo Desa Turirejo, bagi yang belum membayar pajak bumi segera membayar pajaknya atau melunasi pajak buminya. Karena dengan adanya pembayar pajak bumi ke pemerintah kedepannya juga di kembali lagi oleh pemerintah kepada pemerintah desa berbentuk bantuan dari pemerintah pusat, Untuk masyarakat lagi. Pungkasnya. (Ura/Dyo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads