Breaking

Post Top Ad

6/17/2023

Wujud Syukur Dusun Tanjung Dukuhan Gelar Sedekah Bumi

Gresik, pojokpudak.com 


Tradisi sedekah Bumi merupakan upacara adat masyarakat jawa untuk menunjukkan rasa syukur manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang telah diberikan melalui bumi berupa berbagai macam hasil bumi.


Tradisi sedekah bumi ini masih terus eksis di tengah-tengah masyarakat yang kini masih pertahankan dan  dilestarikan oleh masyarakat, Dusun Tanjung Dukuhan Desa Tanjung Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, Jumat (16/6/2023).


Dalam.acara sedekah bumi di hadiri oleh Kepala Desa (Kades) Tanjung Dwi Kora Suharianto, SH, Kepala Dusun (Kasun) Mujiono, Ketua panitia sedekah bumi, Wahono berserta seluruh Anggota panitia sedekah bumi, Ketua BPD, Ketua RT/RW, berserta tokoh masyarakat tokoh agama dan seluruh warga Dusun Tanjung Dukuhan.


Prosesi Sedekah bumi tersebut diawali, kirab jalan jalan anak anak TPQ keliling kampung dan Kuda Lumping. Sedangkan di malam harinya di lanjutkan hiburan Ludruk Karya Baru dari Kabupaten Mojokerto.


Acara sedekah bumi di gelar di kediaman Kasun Tanjung Dukuhan, Mujiono, menaruh nasi tumpeng tersebut menjadi satu, setelah itu  melakukan, Istighozah (Do,a bersama) yang dipimpin oleh, Ustadz, H, Mustofa.


Dalam sambutan Ketua panitia sedekah bumi Wahono Mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan dan sumbangsih dari semua warga Dusun Tanjung Dukuhan, Desa Tanjung ini.


Dengan adanya  sedekah bumi ini, adalah kita di ajarkan untuk Ikhlas dan sedekah bumi ini adalah kata sedekah dan bumi yang kita pijak ini.


Selain sebagai ucapan rasa syukur, tradisi sedekah bumi juga digelar sebagai bentuk rasa kebersamaan kepada sesama dengan memberikan sedekah berupa makanan. 


“Sebagai rasa syukur kepada sang pencipta, sedekah bumi ini juga sebagai wujud pelestarian budaya yang sudah dilakukan turun-temurun, Dengan adanya sedekah bumi ini dapat menolak balak atau menjauhkan dari musibah karena sedekah bumi sama dengan memberi shodaqoh,” Tuturnya.


Ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga dusun Tanjung dukuhan atas kepercayaan yang sudah di berikan kepada kami sebagai ketua panitia sedekah bumi di dusun Tanjung dukuhan ini.


Ketua panitia," Juga mengucapkan mohon maaf kepada seluruh masyarakat, Dusun Tanjung dukuhan apabila dalam kegiatan sedekah bumi ini, ada kekurangan dan juga ada kekhilafan sekali lagi saya pribadi berserta panitia lainnya mohon maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh masyarakat, Ungkapnya.


Ditempat yang sama Kades Tanjung, Dwi Kora Suharianto,SH dalam sambutannya,"Mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh lapisan masyarakat, Dusun Tanjung Dukuhan  Desa Tanjung  dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini, Masyarakat Dusun Tanjung Dukuhan guyub rukun.


Dengan adanya kegiatan tasyakuran, Sedekah Bumi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Dusun Tanjung Dukuhan Desa Tanjung kepada Allah SWT, atas limpahan berkah, keselamatan dan nikmat berupa panen hasil bumi yang telah didapatkan oleh masyarakat Dusun Tanjung Dukuhan ini.


Harapannya, dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini, masyarakat terus diberikan rezeki dari Maha Kuasa, dijauhkan dari marabahaya dan juga diberikan perlindungan. Oleh Allah SWT,

Kepala Desa mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh lapisan masyarakat, Dusun Tanjung Dukuhan Desa Tanjung, atas kerja samanya yang sudah membayar atau yang sudah melunasi pajak bumi bagi masyarakat yang belum membayar pajak buminya kami mohon segera membayar atau melunasi pajaknya, sebab dengan adanya  pembayar pajak bumi ke pemerintah kedepannya juga di  kembali lagi, Oleh pemerintah kepada pemerintah desa berbentuk bantuan dari pemerintah pusat, Untuk masyarakat lagi. Pungkasnya. (Ura/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads