Breaking

Post Top Ad

8/21/2023

Ritual Sedekah Bumi Dusun Pengalangan. Ki Wongso : Budaya Leluhur Yang Harus Dilestarikan

Gresik, pojokpudak.com


Warga Dusun Pengalangan, Desa Pengalangan, Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, kembali menggelar serangkaian acara dalam ritual tahunan yang disebut Sedekah Bumi atau Tegal Deso, Minggu (20/8/2023).


Ritual sedekah bumi atau tegal deso ini merupakan bentuk rasa syukur warga atas hasil bumi dan juga rezeki yang selama ini mereka terima dari Tuhan Yang Maha Esa.


Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini, sedekah bumi begitu meriah karena digabungkan dengan lomba karnaval dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. 


Anggota DPRD Gresik Fraksi Golkar Wongso Negoro yang turut hadir pada kegiatan itu mengatakan sedekah bumi ini sudah menjadi tradisi leluhur sejak dulu dan harus dilestarikan. 


Pria yang akrab di sapa Ki Wongso mengakui kekompakan warga Dusun Pengalangan dalam mensukseskan sedekah bumi yang digabungkan dengan peringatan HUT RI ke-78. 


" Tadikan ada karnaval, itu ramai sekali,  muter dusun, warganya kompak, terus dilanjutkan kenduren atau selamatan dan malamnya ada ludruk," ungkapnya.


Pada kesempatan itu juga, Ki Wongso dalam sambutannya menghimbau kepada warga untuk memanfaatkan program UHC yakni program pelayanan kesehatan gratis dari pemerintah Kabupaten Gresik yang diperuntukan bagi masyarakat yang ber KTP Gresik. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads