Breaking

Post Top Ad

8/21/2023

Warga Dusun Pengalangan Antusias Ikut Lomba Karnaval Meriahkan HUT RI ke-78

Gresik, pojokpudak.com


Warga Dusun Pengalangan, Desa Pengalangan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik sangat antusias mengikuti lomba karnaval dan pawai budaya dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia Ke-78, Minggu (20/8/2023).


Warga tampil dengan beragam pakaian unik serta berbagai macam budaya tradisional, mulai dari berpakaian adat Jawa hingga tarian Papua. Peserta karnaval terlihat senang dan bersemangat ketika berangkat dari rumah dan berkumpul di depan balai desa sebelum melaksanakan pawai untuk memeriahkan HUT RI ke-78 . 



Para peserta sukses menghibur warga yang menonton di pinggir jalan tempat pawai berlangsung. Beragam karya ditampilkan para peserta. Seperti tari-tarian dan kostum yang dipakai, tak sedikit para peserta mengikuti karnaval sambil bergoyang diiringi musik. 


Keseruan karnaval dan kirab budaya yang digelar mampu mengundang banyak warga untuk menonton, baik warga dusun sendiri maupun warga di luar dusun tersebut. 


Kepala Desa Pengalangan Ahyar Abdul Mutholib mengatakan, kegiatan lomba karnaval ini juga digabungkan dengan acara sedekah bumi Dusun Pengalangan. Dalam karnaval itu, RT 6 terpilih sebagai pemenang lomba.


Kades menuturkan, lomba yang bertema budaya ini diikuti 6 RT, Diantaranya RT 6, RT 7, RT 8, RT 9, RT 19 dan RT 20. Pada kegiatan itu, masing-masing RT menampilkan kreasinya. Contohnya warga RT 8 menampilkan budaya Papua, kemudian ada RT lainnya yang menampilkan cerita Candi Roro Jonggrang, ada juga yang mengangkat tema Bhineka Tunggal Ika. 


" Saya bangga dengan antusiasme warga, dan saya bisa katakan Dusun Pengalangan ini bangkit karena sebelumnya tidak pernah melaksanakan sedekah bumi bersamaan dengan karnaval. Biasanya tumpengan saja di balai desa namun saat ini betul-betul meriah", ungkap kades. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads