Breaking

Post Top Ad

8/26/2023

Sedekah Bumi Desa Manunggal Diwarnai Kirab Tumpeng Gunungan Raksasa

Gresik, pojokpudak.com


Meriahkan Tradisi Sedekah Bumi  Desa Manunggal dengan menggelar kirab tumpeng gunungan raksasa keliling Desa.


Prosesi tradisi sedekah bumi tersebut diawali dengan kirab tumpeng gunungan raksasa yang berbentuk gunungan berisi sayuran, buah-buahan, dan aneka hasil pertanian itu diarak keliling Desa sambil berjalan kaki menuju di pendopo  Balai Desa Menunggal.


Selanjutnya seluruh warga masyarakat berduyun duyun berkumpul di balai desa manunggal. Setelah itu dilaksanakan, Istighozah (Do,a bersama) 


Sedekah bumi di gelar di Pendopo Balai Desa Manunggal Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, Sabtu (26/8/2023).


Acara sedekah bumi di hadiri, Oleh Asisten satu Kabupaten Gresik, Yono,, Danramil 0817/03 Kedamean Kapten Inf, Hari Suntanto, SH, Kapolsek Kedamean AKP Dante Anan Irawanto, SH.M.Hum yang diwakili oleh, BRIPKA, Purwo, Kepala Desa (Kades) Manunggal Setya Dwi Iryanto, Sekdes Nanang berserta seluruh Perangkat Desa dan seluruh masyarakat Desa Manunggal.

 

Dalam sambutannya Kades Setya Dwi Iryanto mengucapkan  terimakasih kepada seluruh warga desa manunggal atas dukungan dan sumbangsihnya dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini, Alhamdulillah.  Seluruh warga sangat antusias sekali dengan adanya sedekah bumi ini. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih yang sebanyak banyaknya terhadap seluruh warga masyarakat Desa Manunggal ini


Warga Desa Manunggal menggelar acara tradisi sedekah bumi, dengan kirab tumpeng gunungan raksasa dari setiap RT masing masing  membuat kreasi bentuk tumpeng gunungan raksasa.


Tradisi Sedekah Bumi ini merupakan salah satu kearifan lokal masih terus eksis di tengah-tengah masyarakat, Adat istiadat yang kini masih di pertahankan, dan dilestarikan oleh masyarakat,


Sedekah bumi ini, adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif, karena selain bisa manjalin kebersamaan antar warga, juga menciptakan kerukunan sesama warga.


Sedekah Bumi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat  Desa Manunggal kepada Allah SWT atas limpahan berkah, keselamatan dan nikmat berupa panen hasil bumi yang telah didapatkannya.


Melalui tradisi ini semoga warga Desa  manunggal ini selalu agar diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari marabahaya oleh Yang Maha Kuasa, 


Kami berharap dengan adanya  Sedekah Bumi ini, warga Desa Manunggal ini tetap bisa mensyukuri apa yang, Allah SWT, berikan atas  kenikmatan, kesehatan, dan rezeki yang melimpah, kegiatan ini untuk melestarikan budaya dan mengenang para leluhur. Tuturnya.


Ditempat yang sama Asisten Satu Kabupaten Gresik Yono dalam sambutannya," Memberi apresiasi kepada warga, Desa Manunggal ini yang masih nguri-nguri melestarikan tradisi selamatan sedekah bumi ini.adalah warisan tradisi yang sudah turun-temurun dari para leluhur terdahulu.


“Saya mengucapkan terima kasih kepada warga, Desa Manunggal yang masih nguri-uri melestarikan tradisi selamatan sedekah bumi, Sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT atas rahmat berkahnya,


Sedekah bumi di Desa Manunggal  ini seluruh warganya kelihatan begitu kompak, guyub rukun dan penuh semangat dalam membangun kebersamaan melalui kegiatan sedekah bumi ini 


Kemudian malam hari di lanjutkan dengan hiburan, Ludruk Gita Praja dari Kabupaten Jombang. Pungkas (Ura/Dyo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads