Breaking

Post Top Ad

8/25/2023

Tingkatkan Hasil Panen, Serda Hari Berikan Saran Petani Kangkung di Wilayahnya

Gresik, pojokpudak.com


Babinsa Koramil Balongpanggang Serda Hari Santoso melakukan kegiatan komsos untuk meningkatkan hasil panen kangkung, dengan mengunjungi lahan kangkung milik M. Sholeh yang berada di Desa Wahas, Kec. Balongpanggang, Kab. Gresik. Jumat (25/8/2023).


Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dijalankan Serda Hari kebetulan saat Sholeh sedang panen kangkung. Sholeh mengaku bahwa masa awal tanam hingga sekarang tiba waktu panen membutuhkan waktu pemeliharaan tanaman kangkung hingga 1 bulan lebih.


"Sebelum panen, saya telah melakukan pemupukan dengan arang sekam dan penyiraman secara berkala," ungkapnya.


Sambil berbincang dalam komsosnya itu, Babinsa Serda Hari menyarankan pada Sholeh supaya dalam berbudidaya kangkung setelah ini untuk lebih optimal dan intensif dalam melakukan penyiraman. Karena tanaman kangkung darat sangat membutuhkan air dalam kapasitas yang cukup banyak agar tumbuh subur dan tidak kekeringan.


Begitu pula dengan kondisi tanaman kangkung harus diperhatikan dan bebas dari hama yang dapat merusak tanaman. Maka dari itu perlu dilakukan penyemprotan insektisida apabila kondisi tanaman kangkung terserang oleh hama tanaman. 


"Sebetulnya tanaman kangkung darat cukup tahan terhadap serangan hama, namun ada kalanya karena pengaruh iklim dan sanitasi sehingga apabila terserang hama harus segera ditangani dengan penyemprotan insektisida," tutur Babinsa Serda Hari.


Di akhir komsosnya tersebut, Babinsa Serda Hari menyarankan agar petani kangkung binaannya tersebut tetap mempertahankan budidaya kangkung di lahannya. Demi ketahanan pangan dan untuk memenuhi permintaan kangkung di kalangan masyarakat. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads