Breaking

Post Top Ad

9/11/2023

Di launching Bu Min, Laban Central Park Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Warga

Gresik, pojokpudak.com


Desa Laban, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik kini memiliki taman yang dipadu dengan sentra perdagangan produk UMKM. Puluhan UMKM berdiri mengelilingi area bernama Laban Central Park (LCP) ini.


Keberadaan Laban Central Park yang berada di sisi barat balai desa tersebut diharapkan mampu mendukung perekonomian warga. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat melaunching kawasan wisata keluarga plus sentra ekonomi warga ini, Minggu (10/9/2023). 


Kegiatan itu dihadiri Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan, Kepala Dinas PMD Abu Hasan, perwakilan Dinas PMD Jawa Timur Fajar, Forkopimcam Menganti, Kepala Desa Laban Hayus beserta jajarannya.


Saat pembukaan, Wabup yang akrab disapa Bu Min itu berharap akan kemajuan Desa Laban. Dikatakan, Laban Central Park diharapkan akan menjadi tombak peningkatan ekonomi warga sekitar khususnya Desa Laban.


“Kita lihat UMKM di sini sangat aktif mulai pagi hingga malam. Apalagi ini dipinggir jalan raya yang tahun depan jalannya akan diperlebar. Maka, saya harapkan ini menjadi motivasi dalam memberdayakan sumber daya manusianya,” ujar Bu Min.


Bu min berpesan kepada Pemerintah Desa Laban agar UMKM yang berjualan dikhususkan hanya untuk warga Desa Laban. Hal ini penting agar perputaran ekonomi dapat terpusat dan memberikan manfaat kepada warga Laban.


Sedangkam Perwakilan Kepala Dinas PMD Jawa Timur Fajar Hiendriarto Iriadi menambahkan, peluncuran ini merupakan hasil dari program Desa Berdaya yang digagas oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Hal ini berdampak pada meningkatnya status Gresik menjadi salah satu kabupaten bebas desa berkembang.


“Tahun 2023 jumlah desa Mandiri di Jatim tertinggi nasional, yaitu 2.800 desa. Di Gresik sendiri ada 222 desa berstatus mandiri dan 108 desa maju",  katanya


Saat ini program Desa Berdaya telah dilakukan oleh 3 desa di Gresik, yakni Desa Laban Kecamatan Menganti, Desa Sidorukun Kecamatan Gresik, dan Desa Pelemwatu Kecamatan Menganti

Sedangkan wakil ketua DPRD Gresik Mujid Riduan mengatakan keberadaan Laban Central Park ini sangat baik sekali dalam rangka menumbuhkan perekonomian warga dan pihaknya selalu siap berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk memajukan tempat ini. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads