Breaking

Post Top Ad

9/11/2023

Sedekah Bumi Dusun Biyodo Ke 7 Diwarnai Pawai Tumpeng Dan Hiburan Ludruk

Gresik, pojokpudak.com


Meriahkan tradisi Sedekah Bumi Dusun Biyodo  Ke 7 dengan menggelar pawai tumpeng keliling Desa dan juga dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78, Tahun 2023.


Prosesi tradisi sedekah bumi tersebut diawali dengan pawai tumpeng yang berbentuk gunungan berisi sayuran, buah-buahan, dan aneka hasil pertanian itu diarak keliling Desa sambil berjalan kaki.


Warga Dusun Biyodo Desa Beton menggelar acara tradisi sedekah bumi, dengan pawai tumpeng dari setiap RT masing masing membuat kreasi bentuk tumpeng gunungan raksasa dan kreasi yang lainnya.


Selanjutnya seluruh warga masyarakat berduyun duyun berkumpul di kediaman rumah Kepala Dusun Biyodo setelah itu dilaksanakan, Istighozah (Do,a bersama). Sedekah bumi di gelar di kediaman rumah, Kepala Dusun (Kasun) Biyodo Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, (10/9/2023). Minggu.


Sementara itu, Ketua Panitia sedekah bumi Supadi mengucapkan  terimakasih kepada seluruh warga Dusun Biyodo atas dukungan dan sumbangsihnya dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini, seluruh warga sangat antusias sekali dengan adanya sedekah bumi ini. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih yang sebanyak banyaknya terhadap seluruh warga masyarakat Dusun Biyodo ini.


Tradisi Sedekah Bumi ini merupakan salah satu kearifan lokal masih terus eksis di tengah-tengah masyarakat, Adat istiadat yang kini masih di pertahankan, dan dilestarikan, Oleh masyarakat Dusun Biyodo Desa Beton ini.


Sedekah bumi ini, adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif, karena selain bisa menjalani kebersamaan antar warga, juga menciptakan kerukunan sesama warga.


Sedekah Bumi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat  Dusun Biyodo Desa Beton kepada Allah SWT atas limpahan berkah, keselamatan dan nikmat berupa panen hasil bumi yang telah didapatkannya.


Melalui tradisi ini semoga warga Dusun Biyodo ini selalu agar diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari marabahaya oleh Yang Maha Kuasa, 


Kami berharap dengan adanya  Sedekah Bumi ini, Warga Dusun Biyodo ini tetap bisa mensyukuri apa yang, Allah SWT, berikan atas  kenikmatan, kesehatan, dan rezeki yang melimpah, kegiatan ini untuk melestarikan budaya dan mengenang para leluhur. Tuturnya.


Ditempat yang sama Kades Beton M, Samsul Arif,  Dalam sambutannya," Memberi apresiasi kepada warga, Dusun Biyodo ini yang masih nguri-nguri melestarikan tradisi selamatan sedekah bumi ini.adalah warisan tradisi yang sudah turun-temurun dari para leluhur terdahulu.


“Kami mengucapkan terima kasih kepada warga, Dusun Biyodo Desa Beton yang masih nguri-uri melestarikan tradisi selamatan sedekah bumi, Sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT atas rahmat berkahnya,


Sedekah bumi di Dusun Biyodo ini seluruh warganya kelihatan begitu kompak, guyub rukun dan penuh semangat dalam membangun kebersamaan melalui kegiatan sedekah bumi ini 


Selain itu Kades meminta maaf kepada seluruh warga masyarakat, Dusun Biyodo Desa Beton, Di ujung jabatannya sebagai Kepala Desa apabila selama menjabat sebagai Kepala Desa  ada kekurangan dan juga ada kesalahan sekali lagi saya pribadi mohon maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh warga masyarakat, Kepala Desa Juga berpesan kepada seluruh warga masyarakat, Dusun Biyodo Desa Beton tetap kompak guyub rukun. Tuturnya.


Kemudian malam hari di lanjutkan dengan hiburan pagelaran, Ludruk Karya Baru dari Kabupaten Jombang. Pungkas. (Ura/Dyo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads